Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II, Ini Rangkaian Perayaan Besar 4 Hari

Ratu Elizabeth II di Kerajaan Inggris telah memerintah hingga 70 tahun lamanya atau Platinum Jubilee, simak rangkaian perayaan besar selama 4 hari berturut-turut.

Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II, Ini Rangkaian Perayaan Besar 4 Hari
Ratu Elizabeth II. Gambar : Time Out/@brucemansell

BaperaNews - Ratu Elizabeth II di Kerajaan Inggris telah memerintah hingga 70 tahun lamanya atau Platinum Jubilee, rangkaian perayaan besar pun dilakukan selama empat hari berturut-turut mulai Kamis hingga Minggu 2 – 5 Juni 2022, sejumlah tokoh penting yakni para pemimpin berbagai Negara mengucapkan selamat untuknya, termasuk Kim Jong Un dari Korea Utara.

Berikut ini rangkaian acara yang dilaksanakan untuk memeriahkan masa pemerintahan orang nomor satu di Inggris tersebut.

1. Kamis 2 Juni 2022

Lebih dari 1.200 tentara dari Angkatan Darat House hold Division Inggris melakukan upacara Trooping of The Colour, berupa kontes militer dengan musisi dan kuda, menggabungkan tradisi dan kemegahan. Ratu Elizabeth mendapat penghormatan dari pasukan di balkon Istana Buckingham dan muncul kepada banyak orang untuk melambaikan tangan tangan dan menonton jet terbang militer.

Lebih dari 2.800 suara dinyalakan di seluruh Inggris, Sembilan jembatan di pusat kota London juga akan menyala termasuk BT Tower yang jadi landmark ibu kota dan sejumlah katedral Inggris.

2. Jumat 3 Juni 2022

Layanan thanks giving nasional berlangsung di Katedral St Paul London menampilkan lonceng Great Paul dengan deringnya yang langka, ini ialah lonceng gereja terbesar di Inggris. Dibunyikan hanya 8 kali sejak tahun 1970 dan tidak pernah dipakai untuk acara kerajaan.

Baca Juga : Joe Biden Resmikan UU Covid-19 Hate Crimes, BTS Hadir Mendukung Rasisme Hingga Diskriminasi Anti-Asia

3. Sabtu 4 Juni 2022

Ratu Elizabeth gemar akan pacuan kuda, ratu akan menghadiri acara balap kuda ke 243 yang merupakan ajang paling bergengsi di Negara Inggris, di The Derby Epsom Downs. Di malam hari, akan ada 22.000 orang  termasuk 5.000 orang pekerja kunci seperti petugas media garis depan hadir di Pesta Platinum BBC di Istana Buckingham.

Sejumlah penyanyi terkenal akan tampil dalam acara musik yang disajikan selama dua jam, diantaranya ialah Alicia keys, Andrea Bocelli, Adam Lambret, Diana Ross, Elton John, rocker Queen, dan Nile Rodgers.

4. Minggu 5 Juni 2022

70.000 orang telah mendaftar untuk jadi tuan rumah Big Jubilee Lunches, diharapkan ada ada 10 juta orang yang berbagi makanan dan persahabatan dengan tetangga terdekatnya, demikian yang disampaikan pemerintah Inggris untuk merayakan pemerintahan Ratu Elizabeth.

600 makan siang direncanakan dari Kanada, Brasil, Jepang, Swiss, Afrika Selatan, hingga Selandia Baru yang merupakan Negara persemakmuran Inggris. Pertunjukan musik dan acara kreatif juga akan dilaksanakan dengan lebih dari 10.000 orang terlibat.

Perayaan besar akan diakhiri dengan menyanyikan lagu kebangsaan God Save the Queen di luar kawasan Istana yang akan dipimpin oleh penyanyi Ed Sheeran.