Program Beasiswa IISMA 2022 Dibuka Pada Maret Ini, Ini Jumlah Kuotanya!

Program beasiswa Indonesian International Sudent Mobility Indonesia (IISMA) akan dibuka Kementerian Pendidikan pada Maret ini, program ini merupakan bagian dari merdeka belajar kampus merdeka.

Program Beasiswa IISMA 2022 Dibuka Pada Maret Ini, Ini Jumlah Kuotanya!
Program Beasiswa Kementerian Pendidikan IISMA 2022 Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Dok:Kemendikbud

BaperaNews - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan membuka pendaftaran Indonesian International Sudent Mobility Indonesia (IISMA) pada bulan Maret ini. Program beasiswa ini memberikan kesempatan untuk mahasiswa belajar singkat di universitas terkemuka di luar negeri. Program ini merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan.

Mahasiswa dapat menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk belajar, merasakan budaya negara tuan rumah, dan melakukan tugas praktik untuk mengasah keterampilan. Peserta program IISMA 2022 mendapatkan manfaat berupa biaya kuliah, tunjangan transportasi, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, dan tunjangan visa.

Dikutip dari laman resmi Direktorat Pendidikan Tinggi, untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar di luar negeri selama satu semester, pada tahun ini program IISMA 2022 membuka kuota sebanyak 1.000 mahasiswa untuk program yang termasuk dalam merdeka belajar kampus merdeka. Pendaftaran rencananya dibuka pada 1-31 Maret 2022 dan kegiatan dimulai pada Agustus mendatang. Kampus yang menjadi mitra IISMA 2022 merupakan top 100 berdasar QS World University Ranking 2022.

Hingga tahun 2021, setidaknya terdapat empat program Kementerian Pendidikan terkait Kampus Merdeka di tahun 2021 yang sudah sukses melaksanakan kegiatan belajar di luar kampus. Terdapat 300 ribu mahasiswa yang datang dari 2.100 perguruan tinggi dari seluruh wilayah Indonesia yang mendaftar keempat program tersebut.

Di tahun 2022, untuk program MSIB, Kemendikbud Ristek menyediakan kuota sebanyak 50 ribu mahasiswa dengan pembukaan pendaftaran terdiri dari dua gelombang yakni Januari-Juni dan Juli-Desember 2022. Untuk gelombang pertama, pendaftaran masih dibuka hingga 14 Januari 2022.

Baca Juga : Luncurkan Kurikulum Merdeka, Nadiem Makarim Beberkan Keunggulan Dari Kurikulum Merdeka

Adapun program IISMA 2022 membuka kuota sebanyak 1.000 mahasiswa dan akan dilaksanakan di bulan Agustus dengan periode pendaftaran pada 1-31 Maret 2022. Pertukaran Mahasiswa Merdeka akan memulai pendaftaran pada 1-25 Juni 2022 bagi 20 ribu mahasiswa. Terakhir, Kampus Mengajar akan membuka dua gelombang dengan kuota 25 ribu mahasiswa. Untuk gelombang pertama, pendaftaran Kampus Mengajar sudah resmi ditutup bulan Desember 2021. 

Dikutip dari Kompas.com, Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam menyampaikan bahwa program Kampus Merdeka diharapkan dapat meningkatkan pengalaman para mahasiswa di dunia kerja

Menurutnya, mahasiswa harus mendapatkan pengalaman di luar bangku kuliah dengan langsung turun ke lapangan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. “Ke depannya tentu diharapkan tiap kampus mampu memberikan secara penuh SKS bagi adik-adik untuk melakukan program Kampus Merdeka,” ujarnya seperti dilansir dari laman Dikti Kemendikbud.

Baca Juga : Wirda Mansur Ketahuan Berbohong Mengenai Data Pendidikannya Di Linkedin

Nizam melanjutkan, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini merupakan sebuah upaya perubahan yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi agar bisa melampaui kemajuan yang bersifat dinamis. Seluruh kampus diharapkan semakin yakin bahwa program ini menjadi terobosan zaman, karena program seperti ini di luar negeri baru dilaksanakan di beberapa kampus ternama.

“Setiap kemajuan dibutuhkan perubahan. Bagaimana kita melangkah ke depan, kita harus keluar dari zona nyaman. Ada hal yang harus ditinggalkan dan menuju business unusual dengan melakukan inovasi juga terobosan baru untuk menciptakan SDM unggul,” tegasnya.

Semoga program Beasiswa IISMA 2022 dari Kementerian Pendidikan ini dapat bermanfaat dan program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka bisa terus dilaksanakan