Presiden Jokowi: Bendungan Bintang Bano Di Sumbawa Barat Mampu Mengairi 6700 Hektar Sawah

Presiden Jokowi mengatakan bahwa Bendungan Bintang Bano yang ada di Sumbawa Barat mampu mengiri 6700 hektar sawah dan sangat berguna untuk masyarakat sekitar.

Presiden Jokowi: Bendungan Bintang Bano Di Sumbawa Barat Mampu Mengairi 6700 Hektar Sawah
Bendungan Bintang Bano. Gambar : Dok. PT Hutama Karya (Persero)

BaperaNews - Dengan adanya Bendungan Bintang Bano, Presiden Jokowi berharap bisa membantu masyarakat sekitar daerah Sumbawa Barat dalam memenuhi kebutuhan air terutama untuk dimanfaatkan dalam mengairi sawah.

Menurut keterangan Presiden Jokowi dalam unggahan siaran virtual di akun YouTube resmi milik Sekretariat Presiden pada hari Jumat, 14 Januari 2022 bahwa keberadaan Bendungan Bintang Bano yang ada di Sumbawa Barat mempunyai kemampuan dalam memenuhi kebutuhan pasokan air setidaknya untuk 6700 hektar sawah.

Presiden Jokowi juga menambahkan bahwa daya tampung yang dimiliki oleh Bendungan Bintang Bano tersebut mencapai 76 juta meter kubik air. Untuk luas genangan dari Bendungan Bintang Bano tersebut mencapai 256 hektar. Setelah hampir 7 tahun berjalan, pada akhirnya masyarakat sekitar Sumbawa Barat bisa menikmati keberadaan Bendungan Bintang Bano.

Bendungan Bintang Bano mulai dibangun sejak 2015 dan selesai pada tahun 2022. Dalam periode kepemimpinannya, Presiden Jokowi  memang mempunyai rencana pembangunan yang begitu hebat dalam rangka mewujudkan pemerataan pembangunan dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Salah satu proyek yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat adalah dengan adanya Bendungan Bintang Bano tersebut. Diharapkan saat musim kemarau tiba, sawah – sawah yang ada di Indonesia masih bisa tetap produktif. Dengan adanya banyak bendungan di sejumlah wilayah di Indonesia juga mampu menurunkan angka impor berbagai hasil pertanian.

Dalam keterangannya yang diberikan secara virtual, berkali – kali Presiden Jokowi berkali – kali menyebutkan harapannya terkait ketersediaan air. “Adanya bendungan Bintang Bano tersebut saat ini saya harapkan bisa memenuhi kebutuhan air untuk masyarakat Sumbawa Barat.” Dari segi ketahanan pangan pun bisa terus didukung. Mengingat air adalah kebutuhan utama dan sumber kehidupan. Apalagi di Nusa Tenggara Barat masih banyak daerah yang kering.

Hingga saat ini, terhitung sudah ada total 6 bendungan di daerah Nusa Tenggara Barat. Sebelumnya Presiden Jokowi juga pernah meresmikan dua bendungan yakni Bendungan Mila dan Bendungan Tanju pada tahun 2018 lalu. Bukti nyata kerja pemerintah yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat seperti ini harus terus kita beri dukungan penuh demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Di sisa masa jabatannya, Presiden Jokowi juga masih terus berupaya mengerjakan proyek – proyek yang menjadi impiannya untuk masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Tinjau Kesiapan MotoGP Di Mandalika, Jokowi Pakai Jaket Edisi Khusus G20 Indonesia