PM Australia Janji Akan Hadiri Pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, mengonfirmasi akan hadir di pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI.

PM Australia Janji Akan Hadiri Pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden
PM Australia Janji Akan Hadiri Pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden. Gambar : SinPo.id/Tim Media

BaperaNews - Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengonfirmasi akan menghadiri pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia untuk periode 2024-2029. 

Pernyataan tersebut disampaikan Albanese saat menerima kunjungan Prabowo di Australian Parliament House, Canberra, pada Selasa (20/8). 

PM Australia, Albanese menekankan pentingnya hubungan antara Australia dan Indonesia serta berharap dapat melanjutkan kemitraan yang kuat antara kedua negara.

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda, presiden terpilih Prabowo, untuk menghadiri pelantikan Anda pada Oktober mendatang. Tidak ada hubungan yang lebih penting daripada hubungan antara dua negara besar kita," ujar Albanese.

Dalam kunjungannya, Prabowo Subianto juga menerima ucapan selamat dari Albanese segera setelah kemenangan dalam pemilihan umum (Pemilu) Indonesia 2024 pada 15 Februari lalu.

"Perdana Menteri Albanese adalah yang pertama mengucapkan selamat kepada saya melalui telepon, sehari setelah pemilihan umum. Ini adalah tanda persahabatan dan hubungan baik antara kami dan saya sangat menghargai hal ini sebagai orang Indonesia," kata Prabowo.

Selain bertemu Albanese, Prabowo juga melakukan pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Australia Richard Marles.

Baca Juga: 40 Nakes TNI Bakal Diberangkatkan ke Gaza Atas Arahan dari Prabowo Subianto

Pertemuan ini membahas peningkatan latihan militer antara kedua negara serta memperbarui Perjanjian Kerja Sama Pertahanan (Defence Cooperation Agreement/DCA) untuk memperkuat hubungan bilateral.

Prabowo mengungkapkan penghargaan terhadap hubungan persahabatan antara Indonesia dan Australia, menyatakan bahwa Australia adalah salah satu negara yang pertama mendukung perjuangan kemerdekaan Indonesia pada 1940-an.

"Saya bertekad akan melanjutkan hubungan bertetangga ini lebih baik lagi," tambah Prabowo.

Albanese menegaskan komitmen Australia untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam memastikan keamanan kawasan.

"Kami berkomitmen untuk menjaga kawasan yang damai, stabil, dan makmur, serta menghormati kedaulatan negara-negara di kawasan ini," ujar Albanese.

Wakil Perdana Menteri Marles juga mengungkapkan bahwa hubungan kerja sama antara Indonesia dan Australia semakin erat.

"Australia dan Indonesia bekerja sama lebih dekat daripada sebelumnya. Kami akan memperluas cakupan dan kompleksitas latihan bersama saat kami mengatasi tantangan regional bersama," jelas Marles.

Baca Juga: Joe Biden Beri Ucapan Selamat ke Prabowo Subianto