Piala AFF 2020: Malaysia Kalah Telak 4-1 dari Timnas Indonesia, Ini Pendapat dari Pelatih Malaysia

Pada laga terakhir penyisihan grup B Piala AFF 2020 Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1. Berikut pendapat dari pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe atas kekalahan yang menimpa tim Malaysia !

Piala AFF 2020: Malaysia Kalah Telak 4-1 dari Timnas Indonesia, Ini Pendapat dari Pelatih Malaysia
Timnas Indonesia menghadapi Malaysia dalam laga terakhir fase grup Piala AFF 2021. Gambar : Dokk. PSSI

BaperaNews - Duel sengit dan panas yang terjadi pada laga terakhir penyisihan grup B Piala AFF 2020 antara Malaysia vs Timnas Indonesia, pada Minggu (19/12/2021) malam WIB. laga yang digelar di National Stadium ini menyajikan banyak kontak fisik sepanjang laga.

Malaysia yang lebih dulu unggul pada menit ke-13 melalui aksi Kogileswaran Raj. Dengan terciptanya skor untuk Malaysia di menit-menit awal membuat Indonesia mulai beraksi dan membalikkan keadaan melalui dua gol yang diciptakan oleh Irfan Jaya pada menit ke-36 dan menit ke-43.

Pada babak kedua, Skuad Garuda makin tidak terbendung dengan menambah dua gol melalui Pratama Arhan pada menit ke-80 dan Elkan Baggot pada menit ke-82.

Pertandingan berjalan dengan panas dan banyak terjadi kontak fisik. Tercatat timnas Indonesia melakukan sebanyak 15 pelanggaran, sedangkan Malaysia melakukan 9 pelanggaran.

"Sepak bola selalu tentang kontak fisik untuk bersaing. Anda selalu membutuhkannya untuk berduel satu lawan satu sehingga itu bagian dari pertandingan. Saya tidak ingin mengomentari itu," kata Tan Cheng Hoe dalam konferensi pers usai laga.

Pelatih dari Tan Cheng Hoe menginstruksikan kepada para pemainnya untuk tetap tenang dan tidak terpancing saat bermain dengan Timnas Indonesia. Saran itu pun diterima dengan baik sehingga hanya ada satu kartu kuning untuk Malaysia dan tiga kartu kuning untuk Timnas Indonesia.

"Saran saya kepada pemain selalu bermain sesuai dengan situasi dan menerima segala yang terjadi. Kami harus tetap tenang saat bermain karena itu normal dalam sepak bola," tegas pelatih 53 tahun itu.

Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe sangat menyayangkan kekalahan telak yang diterima oleh timnya yakni 1-4 dari Timnas Indonesia. Tan Cheng Hoe menilai terdapat dua penyebab utama dari kekalahan timnya tersebut.

Yang pertama yakni timnya kesulitan mengembangkan permainan setelah Tim Garuda melakukan serangan secara masif.

"Para pemain kami bermain baik pada 15 menit pertama dan mencetak gol lebih dulu. Akan tetapi, saya rasa para pemain gagal menangani intensitas dan pressing dari Indonesia," kata Tan Cheng Hoe dalam konferensi pers setelah laga.

Selain itu, ia juga menilai bahwa absennya Aidil Zafuan dan Shahrul Saad sangat berpengaruh di lini belakang Malaysia. Sehingga Tan Cheng Hoe berharap Malaysia segera bangkit dan melupakan kekalahan yang memalukan dari Timnas Indonesia.

"Jelas absennya Aidil Zafuan dan Shahrul Saad memengaruhi stabilitas di sisi pertahanan. Secara keseluruhan kami sangat kecewa dengan kekalahan ini dan harus segera bangkit," ucap Tan Cheng Hoe.

Atas kekalahan tersebut, sudah dipastikan Malaysia tersingkir dari Piala AFF 2020, sedangkan Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup. Pasukan Shin Tae-yong ini berhasil mengoleksi 10 poin dari hasil empat kali bermain.

Timnas Indonesia pun sebenarnya memiliki poin yang sama dengan Vietnam. Namun, Timnas Indonesia lebih unggul produktivitas gol, setelah selisih golnya sama-sama plus 9, dari Vietnam yang juga lolos melalui jalur runner-up.

Pada laga semifinal Piala AFF 2020 selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi tim tuan rumah yakni Singapura. Pertandingan akan di gelar di National Stadium pada 22 Desember 2021 dan 25 Desember 2021.