Pesawat Semuwa Air Hilang Kontak

Pesawat Grand Caravan milik Semuwa Air yang membawa 4 penumpang dan 2 kru hilang kontak sejak Jumat (23/6) saat penerbangan dari Elelim ke Poik, Yalimo, Papua Pegunungan.

Pesawat Semuwa Air Hilang Kontak
Ilustrasi Foto Pesawat Semuwa Air hilang kontak. Gambar : Dok. Istimewa

BaperaNews - Pesawat Grand Caravan milik Semuwa Air yang membawa 4 penumpang dan 2 kru hilang kontak dalam penerbangan dari Elelim ke Poik, Yalimo, Papua Pegunungan.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Elelim, Genos Imanuel menyampaikan pesawat Semuwa Air hilang kontak di Papua sejak Jumat (23/6) pukul 10.00 WITA.

“Pesawat Semuwa Air hilang kontak di Papua membawa 4 penumpang sejak pukul 10.00 WITA. Masih dicek” kata Genos Imanuel pada Jumat (23/6).

Pesawat Jatuh di Hutan

Usai dilaporkan pesawat Semuwa Air hilang kontak di Papua, pesawat Semuwa Air dengan nomor penerbangan PK SMW itu akhirnya ditemukan tim SAR yang melakukan patroli udara, pesawat ternyata jatuh di hutan, bagian depan pesawat telah hancur. Ketika ditemukan, masih nampak asap keluar dari badan pesawat.

Kadisops Basarnas Jayapura Marinus Ohoirat menjelaskan pesawat yang jatuh ialah pesawat helikopter milik PT Intan Angkasa, terbang dari Wamena pada Jumat (23/6) pagi.

Pesawat Semuwa Air jatuh di hutan belantara antara Elim-Poik, ditemukan pada hari yang sama Jumat sore hari 16.08 WIT. Bagian depan pesawat hancur, bagian belakang pesawat masih utuh. Lokasi penemuan pesawat sekitar 12 km arah timur dari Bandara Elelim.

“Untuk kondisi penumpang belum diketahui” terang Marinus Ohoirat.

“Pesawat kondisinya terbakar hangus” sambung Kapolres Yalimo Kompol Rudolof Yabansara.

Baca Juga : Kapal Selam Wisata Titanic Hilang Kontak

Tim SAR Belum Terjun ke Lokasi Kecelakaan Karena Medan yang Sulit

Pesawat Semuwa Air dikemudikan pilot Kapten Hari Permadi dan co pilot Levi Murib. Pesawat hilang kontak sekitar 7 menit setelah lepas landas. Pesawat seharusnya dijadwalkan mendarat di Bandara Poig pada pukul 11.06 WITA.

Kondisi penumpang belum diketahui, Tim SAR belum bisa terjun langsung ke lokasi jatuhnya pesawat karena terkendala medan yang sulit dan cuaca. Tim SAR baru bisa mengamati dari udara, belum bisa lakukan pertolongan apapun pada korban.

Dalam foto yang beredar, nampak pesawat Semuwa Air terbakar di bagian depan dan utuh di bagian ekornya. Nampak juga kepulan asap muncul di udara di puing-puing pesawat. Tempat kejadian dikelilingi pepohonan rimbun, sulit untuk mengevakuasi para korban.

Rudolf berharap para penumpang selamat dan bisa segera dievakuasi. “Tindakan evakuasi nanti akan kita sampaikan” pungkas Rudolof Yabansara.

Kondisi Kru dan Penumpang Semuwa Air Belum Diketahui

Adapun nasib dari 4 penumpang dan 2 kru pesawat belum diketahui. Tim SAR dan pihak terkait akan sampaikan informasi lebih lanjut setelah lakukan evakuasi. Berikut daftar nama kru dan korban Pesawat Semuwa Air.

Daftar Nama Kru dan Korban Pesawat Semuwa Air: 

  1. Petrus Kepno – Guru SD Inpres Poik Distrik Welarek
  2. Roni Peyon – Penatua Jemaat GKI Muralo
  3.  Efer Halerohon dan Tromina Peyon warga Kampung Holoi Distrik Welarek
  4. Pilot Hari Permadi
  5. Co Pilot Levi Muri

Baca Juga : Mahasiswa Medan Bawa Bom di Pesawat Super Air Jet, Begini Faktanya