Peringati Harkitnas, Wali Kota SHJW Tangerang Ajak Generasi Muda Menyongsong Generasi Emas

Peringatan Harkitnas ke-116 di Kota Tangerang dirayakan dengan para SHJW Tangerang yang memberikan arahan dan motivasi kepada sesama siswa. Baca selengkapnya di sini!

Peringati Harkitnas, Wali Kota SHJW Tangerang Ajak Generasi Muda Menyongsong Generasi Emas
Peringati Harkitnas, Wali Kota SHJW Tangerang Ajak Generasi Muda Menyongsong Generasi Emas. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Pemerintah Kota Tangerang menyelenggarakan Apel Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 di SMPN 10 Kota Tangerang pada Senin, 20 Mei.

Acara ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, dan dihadiri oleh para peserta ajang 'Satu Hari Jadi Wali Kota Tangerang (SHJW)' atau A Day In My Life Jadi Wali Kota Tangerang.

Dalam apel tersebut, para siswa yang terpilih sebagai Wali Kota sehari mendapatkan kesempatan untuk memberikan arahan kepada para siswa lainnya.

Johanes Vicko, seorang siswa dari SMP PGRI 1 Tangerang yang terpilih sebagai Wali Kota sehari, menyampaikan pesan mengenai pentingnya memanfaatkan momentum bersejarah ini untuk bangkit dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.

Sehari Jadi Wali Kota Tangerang

Gambar: Dok. Istimewa

"Hari ini tepat 116 tahun merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia di mana kita dapat bangkit dan bersatu melawan penjajah melalui organisasi Boedi Oetomo. Untuk itu, momentum bersejarah ini harus dapat kita manfaatkan untuk bangkit dan sebagai generasi muda kita dapat berkontribusi bagi bangsa dan negara," ujarnya.

Senada dengan Vicko, Siti Qitarah Jinan, Wali Kota sehari dari SMPN 10 Kota Tangerang, juga mengajak para generasi penerus bangsa untuk berani mengaktualisasikan serta mengekspresikan kreativitas dan potensi yang dimiliki.

"Bangkit juga berarti harus berani untuk bergerak dan mengeksplor diri terutama sebagai generasi muda agar dapat memaksimalkan potensi-potensi dalam diri masing-masing," tutur Qiqi, sapaan akrabnya.

Ferdy Julian dari SMK Bhakti Anindya dan Yolina Ruchika dari SMA N 9 Tangerang, yang juga terpilih sebagai Wali Kota sehari, turut memberikan motivasi kepada para siswa untuk menjadikan momentum Harkitnas sebagai persiapan menjadi pemimpin masa depan.

Ferdy menekankan pentingnya terus meng-upgrade diri untuk menjadi ikon generasi penerus yang menginspirasi.

"Boedi Oetomo sendiri merupakan organisasi yang menjadi ikon kebangkitan bangsa, karena itu dengan terus mengupgrade diri kita juga harus bisa menjadi icon generasi penerus yang menginspirasi para generasi muda," kata Ferdy.

Yolina pun menambahkan.

"Karena itu mari bergerak dan maju bersama demi kemajuan dan demi masa depan Indonesia yang lebih cerah," tambahnya.

Ajang Satu Hari Jadi Wali Kota atau 'A Day in My Life' ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepemimpinan kepada siswa-siswa yang berpartisipasi, sekaligus menanamkan nilai-nilai kebangkitan dan semangat berkontribusi bagi bangsa.

Pj Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, memuji potensi dan kemampuan para Wali Kota sehari tersebut.

Sehari jadi Wali Kota Tangerang

Gambar: Dok. Istimewa

"Luar biasa ya meskipun masih pelajar namun memiliki visi yang luas dan cerdas. Apa yang sudah disampaikan juga sejalan dengan semangat kita untuk bangkit dan bergerak bersama menyongsong generasi Emas Indonesia 2045," ujar Dr. Nurdin.

Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya Kota Tangerang untuk menginspirasi generasi muda dan mempersiapkan mereka menjadi pemimpin masa depan.

Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei merupakan momen penting bagi bangsa Indonesia untuk mengenang perjuangan melawan penjajahan melalui organisasi Boedi Oetomo.