Hotel-Vila di Bali Kebakaran, Turis WNA Akui Selamatkan Diri Lewat Atap

Kebakaran besar melanda hotel-vila di Desa Padangbai, Bali. Kerugian material diperkirakan mencapai Rp5 miliar.

Hotel-Vila di Bali Kebakaran, Turis WNA Akui Selamatkan Diri Lewat Atap
Hotel-Vila di Bali Kebakaran, Turis WNA Akui Selamatkan Diri Lewat Atap. Gambar: Dok.Balifactualnews

BaperaNews - Pada pukul 23.45 WITA, Minggu (21/7), sebuah kebakaran besar melanda beberapa hotel-villa di kawasan Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

Insiden ini menyebabkan kerugian material yang signifikan dan menarik perhatian publik setelah beberapa turis asing yang menginap terlihat menyelamatkan diri melalui atap hotel dan tiang listrik.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengonfirmasi bahwa semua turis asing yang menginap di hotel-hotel tersebut dalam kondisi aman.

"Saya lihat ada tamu hotel di Padangbai Beach Inn yang turun melalui atap," ungkapnya saat dihubungi pada Senin (22/7).

Sementara itu, Kasi Humas Polres Karangasem, Iptu I Gede Sukadana, belum dapat memastikan penyebab kebakaran tersebut. Diperkirakan kerugian dari insiden ini mencapai sekitar Rp5 miliar.

"Korban jiwa nihil, sedangkan kerugian diperkirakan kurang lebih Rp5 miliar," katanya.

Kebakaran ini bermula ketika karyawan Vila Padang Beach Inn melihat atap kamar yang terbuat dari alang-alang terbakar.

Turis yang menginap di vila tersebut terbangun mendengar teriakan kebakaran dari karyawan dan segera melakukan evakuasi. Keadaan semakin memburuk dengan adanya angin kencang yang menyebabkan api menyebar ke Kerti Beach Bungalow.

Baca Juga: Kebakaran Hotel All Nite and Day Alam Sutera, 3 Orang Tewas

Api menghanguskan total 22 kamar model lumbung Bali di Padangbai Beach Inn dan 10 kamar serta sebuah bangunan di Kerti Beach Bungalow. Selain itu, satu bangunan restoran milik Padangbai Bilabong turut terbakar, bersama dengan satu unit motor Yamaha Nmax dan satu motor Kawasaki KLX.

Meskipun api berhasil dipadamkan, kebakaran ini menimbulkan dampak besar bagi kawasan wisata tersebut. Upaya pemadaman dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran setempat dan dibantu oleh masyarakat sekitar.

Para turis yang terjebak di hotel-vila tersebut berusaha secepat mungkin menyelamatkan diri dengan memanfaatkan atap dan tiang listrik sebagai jalur evakuasi. Kejadian ini viral di media sosial karena aksi heroik para turis yang menyelamatkan diri dalam situasi darurat.

Pihak kepolisian dan BPBD masih melakukan penyelidikan untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Masyarakat dan wisatawan di kawasan tersebut diminta untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk dari pihak berwenang guna menghindari kejadian serupa di masa depan.

Baca Juga: Ruko di Mampang Prapatan Kebakaran, 7 Orang Dikabarkan Tewas