Pembangunan JIS Sudah Sampai 97 Persen, JakPro Optimis Akan Selesai Tepat Waktu

PT Jakarta Propertindo (JakPro) ungkap pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) sudah mencapai 97 persen dan direncanakan akan rampung bulan depan!

Pembangunan JIS Sudah Sampai 97 Persen, JakPro Optimis Akan Selesai Tepat Waktu
Potert Jakarta International Stadium (JIS). Gambar: Warta Kota/Yolanda Putri Dewanti

BaperaNews - PT Jakarta Propertindo (JakPro) menyampaikan bahwa pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) sudah mencapai 97 persen. Diperkirakan pembangunan JIS ini akan selesai pada bulan depan.

Direktur Utama JakPro Widi Amanasto menyampaikan bahwa pembangunan ini sudah mencapai 97% dan akan selesai pada bulan Maret.

"97%, insyaallah Maret," ujar Widi pada wartawan, pada Selasa (15/2/2022)

Widi menyampaikan bahwa pada saat ini pihaknya sudah dalam progress perampungan pembangunan membran ETFE. Selain itu, sedang tahap penyelesaian kursi penonton.

"Retractable roof dan finishing kursi penonton," ucapnya.

Sementara untuk proses instalasi kursi tribun penonton dan bagian interior JIS, Widi menjelaskan akan memberi sedikit lagi sentuhan akhir.

"Iya, tinggal sedikit lagi," ujarnya.

Baca Juga: Hasil Piala AFF U23, Kamboja Pesta 6 Gol, Timor Leste Imbangi Filipina

Sejalan dengan itu, Project Manager JIS Arry Wibowo menjelaskan bahwa akselerasi akan terus dilakukan untuk beberapa penyelesaian pekerjaan seperti arsitektur, interior, pemasangan instalasi kursi tribun serta perakitan sistem rangak atap buka tutup berikut dengan mesinnya. Arry optimis pembangunan JIS akan selesai tepat waktu yakni pada Maret 2022.

Diketahui sebelumnya, JakPro menyampaikan bahwa telah memasang 1.080 unit panel surya di lokasi sekitar JIS. Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan JakPro Nadia Diposanjoyo menyampaikan bahwa pemasangan panel surya ini dapat menghemat 5 persen dari kebutuhan listrik di stadion utama.

"Panel surya mampu menghemat sekitar 5 persen kebutuhan listrik untuk stadion utama. Penggunaan panel surya ini sejalan dengan konsep pembangunan JIS, yakni green building," ujar Nadia Diposanjoyo dalam keterangan tertulis, Kamis (3/2).

"JakPro juga telah berhasil memasang atap retractable roof, rumput, fasilitas lapangan latih, dan sarana lainnya," sambungnya.

Nadia menjelaskan bahwa rangakaian dari soft launching JIS tetap akan berjalan meski International Youth Championship (IYC) batal digelar. Dia menjelaskan bahwa soft launching dilakukan dengan kunjungan publik.

"Untuk sekarang kegiatan soft launching yang sudah berjalan dengan program kunjungan publik bagi seluruh warga DKI maupun Indonesia bagi stadion kita," ujarnya.

Nadia menjelaskan bahwa laga klub muda Spanyol bersama dengan Indonesia All Star semestinya menjadi puncak acara soft launcing JIS. Namun acara tersebit tidak jadi digelar pada bulan Februari ini.

Baca Juga: Perbaikan Jalan Hingga Tangki Air Disiapkan Terkait Rencana Kemah Jokowi Di Titik Nol IKN