Ustadz Khalih Basalamah akan Dilaporkan Polisi Karena Ceramah Soal Wayang

Ustadz Khalid Basalamah akan dilaporkan kepada polisi karena video ceramahnya yang menyatakan lebih baik wayang dihilangkan saja atau dimusnahkan. Simak informasinya lebih lanjut!

Ustadz Khalih Basalamah akan Dilaporkan Polisi Karena Ceramah Soal Wayang
Ustadz Khalid Basalamah. Gambar : carapandang.com

BaperaNews - Video ceramah Ustadz Khalid Basalamah tentang wayang menurut agama islam menjadi sorotan dan viral di media sosial. Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia) wilayah Banyumas akan melaporkan Ustadz Khalid Basalamah ke polisi sehubungan dengan isi ceramahnya yang menyatakan lebih baik wayang dihilangkan saja atau dimusnahkan.

“Kalau cuma dinyatakan dilarang dalam agama islam, itu sudah hal biasa, tapi dalam kalimat selanjutnya ada kata-kata lebih baik dimusnahkan, ini amat menyakitkan bagi kami” ujar Ketua Koordinator Pepadi Banyumas, Bambang Barata Aji hari Minggu 13 Februari 2022.

Bambang mengaku dalam laporannya ini sudah konsultasi terlebih dulu dengan Ketua Pepadi Jateng dan para pelaku seni wayang di Banyumas untuk diskusi mengambil sikap terbaik tentang ceramah Ustadz Khalid Basalamah tersebut.

Menurutnya, wacana Ustadz Khalid Basalamah sangat merugikan dan berbahaya kepada para pelaku seni wayang, “Lebih jauh lagi ini seperti memperkeruh kehidupan masyarakat, bahkan mengarah pada tindakan disintegrasi bangsa” ujarnya bersama sejumlah dalang lokal Banyumas.

Sebab menurut Bambang, wayang sendiri adalah produk seni budaya yang ditemukan di berbagai kelompok etnik nusantara dengan beragam ekspresi, mulai dari wayang golek, wayang orang, wayang purwa, wayang wahyu, wayang wali, wayang beber, dan masih banyak lainnya.

Wayang juga sebuah seni yang mengalir dari masa ke masa dengan beragam adaptasi dan pengkayaan sehingga tidak hanya seninya saja yang terkandung namun juga ada filsafat moal dan etik masyarakat di dalamnya.

Bambang juga menyebut jaman dahulu Wali Songo bahkan menyebarkan agama islam di Jawa salah satunya dengan media wayang, “Apa yang diharamkan oleh saudara Ustadz Khalid Basalamah ini menepis produk pengislaman masyarakat, hal ini bahaya jika ditafsirkan bahwa para wali melakukan hal yang haram dalam menyebarkan agama islam tempo dulu” ujarnya.

Hingga berita ini disampaikan, belum ada tanggapan dari pihak Ustadz Khalid Basalamah tentang ceramahnya tersebut, Bambang juga belum memberikan tanggal pasti kapan akan melaporkan kepada polisi secara resmi, namun hal ini sudah menjadi hal pasti dan segala sesuatunya sedang disiapkan dimana sudah dilakukan diskusi dengan berbagai pihak terkait.

Memang seni dan agama adalah dua hal dasar yang sensitif yang seharusnya memang bisa berjalan bersama untuk memberi pemahaman tentang agama sekaligus menanamkan rasa cinta pada budaya.

Baca Juga : Heboh! Dirut Krakatau Steel Silmy Karim Diusir Dari Rapat Anggota DPR