Pedagang Rujak Tewas Dihantam Ban Truk yang Lepas di Bandung

Insiden tragis terjadi di Batujajar, ketika pedagang rujak tewas setelah tertabrak oleh ban truk yang tiba-tiba terlepas. Simak kronologinya di sini!

Pedagang Rujak Tewas Dihantam Ban Truk yang Lepas di Bandung
Pedagang Rujak Tewas Dihantam Ban Truk yang Lepas di Bandung. Gambar : Tribun Jabar/Satlantas Polres Cimahi

BaperaNews - Seorang pedagang rujak di Jalan Raya Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, tewas secara setelah tertabrak ban truk yang tiba-tiba terlepas saat melintas. Kejadian memilukan ini terjadi pada Senin (26/2) sekitar pukul 11.30 WIB.

Dalam rekaman video yang diunggah oleh akun @bandung.banget, tampak pedagang tersebut sedang berjualan di pinggir jalan ketika truk kontainer bernomor polisi B 9275 TEJ mendekat.

Truk tersebut, jenis Hino, sedang dalam perjalanan dari arah Batujajar menuju Cireme, Kabupaten Bandung Barat. Ketika truk hendak menyalip korban, tiba-tiba ban truk lepas dan mengenai bagian kepala pedagang rujak tersebut.

Sontak, pedagang rujak tewas di lokasi kejadian karena mengalami luka serius. Kanit Gakkum Satlantas Polres Cimahi, Ipda Bayu Subakti, mengonfirmasi bahwa insiden tragis ini mengakibatkan korban meninggal dunia di tempat kejadian akibat luka serius.

Baca Juga: Hindari Razia, Pemotor Tewas Tertabrak Mobil di JLNT Casablanca

Polisi dan warga segera bertindak cepat dengan mengevakuasi jasad korban untuk diserahkan kepada keluarganya. Sementara itu, sopir truk yang terlibat dalam kejadian tersebut diamankan untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Truk yang bersangkutan juga dibawa ke kantor polisi sebagai barang bukti untuk penyelidikan lebih lanjut.

Menanggapi peristiwa ini, Bambang Widjanarko, seorang Tire & Rim Consultant dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY, menjelaskan bahwa ada dua penyebab umum terlepasnya roda truk saat sedang berjalan.

Pertama, bisa disebabkan oleh pemasangan yang tidak sempurna, di mana baut kurang kencang atau baut yang tidak murni. Kedua, terlepasnya roda truk bisa disebabkan oleh putusnya baut, yang sering kali terjadi karena drat baut dan mur yang kurang bersih.

Baca Juga: Sopir Mobil yang Tabrak Pemotor di Salemba hingga Tewas Akhirnya Ditangkap