Paslon Ridwan Kamil - Suswono Dapat Nomor Urut 01 Dalam Pilgub Jakarta 2024

asangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono, resmi mendapatkan nomor urut 1 dalam Pilkada 2024.

Paslon Ridwan Kamil - Suswono Dapat Nomor Urut 01 Dalam Pilgub Jakarta 2024
Paslon Ridwan Kamil - Suswono Dapat Nomor Urut 01 Dalam Pilgub Jakarta 2024. Gambar : Instagram/@pak_suswono

BaperaNews - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono, resmi mendapatkan nomor urut 1 dalam pengundian nomor urut paslon untuk Pilkada 2024.

Pengundian berlangsung di kantor KPU DKI Jakarta pada Senin, 23 September 2024, dan Ridwan menyatakan harapannya untuk memenangkan pemilihan dalam satu putaran.

“Pasangan RIDO malam ini dapat nomor satu, insyaallah menuju Jakarta Maju Jakarta Baru. Jadi sesuai harapan karena kampanye kita ingin menang satu putaran,” ujar Ridwan Kamil usai pengundian.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini mengungkapkan bahwa sebelum pengundian, mereka telah memiliki slogan kemenangan yang mengedepankan nomor satu.

Ridwan Kamil menuturkan, “Sebelum malam ini slogan kita tuh gini ‘menang, menang, menang, sekali putaran’, takut nomornya bukan satu. Nah sekarang nomor satu, slogannya lebih mantap.”

Ia mengaitkan nomor urut dengan logo Monas, yang juga merupakan angka satu, menandakan kesatuan dan harapan untuk meraih kemenangan.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini berharap mendapatkan hasil positif serupa seperti pada Pilgub Jawa Barat 2018, ketika ia juga mendapatkan nomor urut 1 dan berhasil menang.

“Mudah-mudahan Allah beri kemenangan,” katanya.

Baca Juga : Ridwan Kamil Rencanakan untuk Beri Pinjaman Tanpa Bunga ke Warga Jakarta yang Terdampak PHK

KPU Jakarta juga menetapkan nomor urut untuk pasangan lain. Dharma Pongrekun-Kun Wardana mendapatkan nomor urut 2, sementara Pramono Anung-Rano Karno berada di urutan 3. Nomor urut ini akan digunakan selama kampanye hingga pemungutan suara yang dijadwalkan pada 27 November 2024.

Ridwan Kamil juga menegaskan pentingnya menjaga integritas dalam Pilgub Jakarta 2024. Ia berharap tidak ada politik uang dalam kontestasi ini.

“Pokoknya enggak boleh ada (politik uang),” katanya. 

“Tidak boleh bully, menjelekkan paslon lain, apalagi money politics, haram hukumnya,” tegasnya. 

Ridwan Kamil mengajak seluruh pendukungnya untuk melakukan kampanye yang positif. “Kami ingin Pilkada Jakarta naik kelas, jadi teladan, jadi percontohan,” ujarnya. 

“Berlomba-lomba dalam kebaikan, menaati aturan kampanye, dan tidak melakukan hal-hal yang menyalahgunakan arti kampanye,” imbuhnya. Ridwan Kamil dan Suswono percaya bahwa warga Jakarta adalah pemilih yang cerdas.

“Insyaallah warga Jakarta yang memang cerdas dan pintar bisa memilih kita yang akan memberikan solusi relevan pasca-Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota,” harap Ridwan. 

Dengan nomor urut 1 dan komitmen yang kuat untuk menjauhi praktik negatif, Ridwan Kamil dan Suswono siap menghadapi Pilkada 2024 dengan optimisme dan harapan untuk membawa Jakarta menuju masa depan yang lebih baik.

Baca Juga : Lebih Dari 1.000 Paslon Telah Ditetapkan untuk Ikut Pilkada 2024