Mensos Urus Dan Turun Langsung Ke Gudang, Memastikan Bantuan Segera Tiba di NTT

Tri Rismaharini selaku menteri sosial Republik Indonesia melakukan pengecekan ke gudang bantuan milik kementerian sosial yang ada dibekasi untuk segera mengirimkan bantuan tersebut ke wilayah NTT yang telah diguncang gempa bumi.

Mensos Urus Dan Turun Langsung Ke Gudang, Memastikan Bantuan Segera Tiba di NTT
Mensos Jajaki Jalur Tol Laut untuk Memastikan Bantuan Segera Tiba di NTT. Gambar : Dok. Kemensos

BaperaNews - Tri Rismaharini (Menteri Sosial Republik Indonesia), kini akan segera melakukan sejumlah pengecekan langsung ke gudang bantuan milik Kementerian Sosial yang ada di Bekasi setelah terjadi gempa di wilayah NTT.

Pihak Kementerian Sosial melakukan gerak cepat dalam upaya menyalurkan bantukan kepada para korban di NTT dengan magnitude sebesar 7,4. Titik pusat gempa bumi tersebut terjadi di Barat Laut Larantuka NTT pada hari Selasa, 14 Desember 2021.

Menindaklanjuti kejadian tersebut, tampak jelas Tri Rismaharini (Menteri Sosial) melakukan komando secara langsung kepada para petugas di lapangan untuk segera melakukan pembongkaran pada sejumlah tumpukan bantuan dan langsung dipindahkan ke dalam bak truk yang sudah disiapkan.

Bantuan yang kini tengah disiapkan oleh pihak Kementerian Sosial rencananya akan dikirimkan ke wilayah Kabupaten Sikka, Kabupaten Flores, Kendari (Sulawesi Tenggara) dan Sulawesi Selatan. Menindaklanjuti komando yang diberikan oleh Tri Rismaharini (Menteri Sosial), banyak petugas yang ada di gudang tampak sangat sibuk saat memindahkan banyak barang ke atas bak truk.

Tri Rismaharini (Menteri Sosial) juga melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait agar proses pengiriman bantuan bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana awal. Tri Rismaharini (Menteri Sosial) menghubungi langsung Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan) untuk minta bantuan dan pemantauan proses pengiriman bantuan tersebut. Tri Rismaharini (Menteri Sosial) meminta kepada Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan) untuk memanfaatkan tol laut.

Hingga kini, kebutuhan yang paling banyak ditunggu oleh masyarakat terdampak bencana adalah bahan – bahan makanan. Selain itu Tri Rismaharini juga melakukan kontak langsung dengan beberapa Kepala Balai Kemensos untuk membantu dalam proses pengiriman barang sehingga bisa menjangkau keseluruhan lokasi terdampak bencana.

Pihak – pihak yang dihubungi oleh Tri Rismaharini (Menteri Sosial) antara lain adalah Ketut Supena (Kepala Balai Paramita Mataram), Christina Junus (Kepala Balai Toddopuli Makassar), Syamsuddin (Kepala Loka Minaula Kendari), dan Wahyu Dewanto (Kepala Balai Effata Kupang).

Kepada para kepala balai yang telah dihubungi oleh Tri Rismaharini (Menteri Sosial), dirinya meminta agar pihak – pihak terkait bisa melakukan persiapan beberapa langkah dalam proses penanganan bencana tersebut.