Pemerintah Buka Suara Terkait Pembatalan Uji Coba Bayar Tol Tanpa Sentuh di Bali

Uji coba tol nirsentuh di Bali ditunda, dan Dirut PT Roatex Indonesia Toll System mendapatkan peringatan pertama dari pemerintah. Simak selengkapnya!

Pemerintah Buka Suara Terkait Pembatalan Uji Coba Bayar Tol Tanpa Sentuh di Bali
Pemerintah Buka Suara Terkait Pembatalan Uji Coba Bayar Tol Tanpa Sentuh di Bali. Gambar : Binsis/Ni Luh Anggela

BaperaNewsDirut PT Roatex Indonesia Toll System Musfihin Dahlan mengaku diberi peringatan pertama oleh pemerintah usai gagalnya uji coba penerapan tol tanpa sentuh atau MLFF (Multi Lane Free Flow) di Bali. Seharusnya uji coba dilaksanakan pada 1 Juni 2023.

“Kami sudah dapat peringatan dari pemerintah, mungkin nanti ada peringatan kedua ketiga dan mungkin pemerintah akan ambil keputusan” tutur Dahlan hari Selasa (30/5).

Dahlan meminta maaf atas penundaan uji coba tol nirsentuh tersebut, ia menyebut pihaknya yang menjadi operator belum bisa laksanakan uji coba tol nirsentuh pada 1 Juni 2023 karena belum menerima penyerahan teknologi untuk sistemnya dari pihak kontraktor.

“Kontraktor belum bisa kirim ke kami sistem yang diimplementasikan untuk kami. Kenapa belum bisa? Karena proses pengerjaannya memang dalam proses antara anggota board manajemen dengan kontraktor dan Hungaria berbeda pandangan” imbuhnya.

Pihak kontraktor dari Hungaria ingin sistem dijalankan sebagaimana yang saat ini telah diterapkan di Hungaria, namun di sisi lain pihak Indonesia ingin penerapan disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Hal itulah yang membuat masalah. 

Baca Juga : Gardu Tol Ditiadakan, MLFF Bakal Diuji Coba 2023 Mendatang

“Jadi MLFF Ini sudah diterapkan di Hungaria, Rusia, Slovakia tapi dengan kondisi sesuai negara masing-masing. Ini ada perbedaan visi sejak Agustus 2022 lalu, kami sudah coba cari solusinya tapi sampai saat ini belum bisa” terangnya.

Dahlan mengungkap, di Hungaria tol dikelola oleh pemerintah, sedangkan  di Indonesia ada yang dikelola swasta. Sedangkan adanya perbedaan visi ini beresiko tidak 100% kendaraan yang melintas tertangkap sistem. Misalnya ada 20% kendaraan tidak tertangkap sistem dikhawatirkan membuat rugi pihak pengelola usaha jalan tol.

“Kita berharap 1 Juni 2023 sudah mulai uji coba MLFF di Bali, tapi mohon maaf kepada publik dan pemerintah juga, kami selaku Badan Usaha Pelaksana belum bisa karena sangat tidak memungkinkan untuk pelaksanaan itu. Hungaria ingin terapkan bulat-bulat seperti disana, nah kita ingin teknologinya diterapkan dengan kondisi sesuai di Indonesia” pungkas Dahlan.

Pihak Dahlan belum bisa memastikan kapan penerapan uji coba tol nirsentuh (MLFF) Bali ini akan diterapkan sebab belum ada kesepakatan dari pihak kontraktor Hungaria. Pihaknya masih mencari solusi yang terbaik untuk penerapannya agar tidak membawa kerugian bagi pihak pengelola.

Baca Juga : Mulai Tahun Depan, Sistem Pembayaran Jalan Tol Menggunakan MLFF. Apa Itu MLFF ?