Daftar Daerah yang Telah Terapkan Uji Coba BBM Pakai MyPertamina

PT Pertamina Patra Niaga terus memperluas kawasan uji coba beli BBM pakai MyPertamina, berikut daftar daerah yang telah terapkan uji coba beli BBM pakai MyPertamina.

Daftar Daerah yang Telah Terapkan Uji Coba BBM Pakai MyPertamina
Daftar daerah yang telah terapkan uji coba BBM pakai MyPertamina. Gambar : jawapos.com/Salman Toyibi

BaperaNews - PT Pertamina Patra Niaga terus memperluas kawasan uji coba pembelian BBM dengan aplikasi MyPertamina. Per Desember 2202, ada 11 Kabupaten/Kota Indonesia yang telah diuji coba.

“Mulai 1 Desember 2022, diuji coba untuk QR kode dan pembelian BBM subsidi solar di sejumlah wilayah” tulis Pertamina di akun Instagramnya pada Kamis (26/1).

Uji coba beli BBM subsidi pakai MyPertamina dilakukan sebagai bentuk persiapan pelayanan untuk seluruh masyarakat Indonesia, uji coba juga dilakukan untuk sosialisasi kepada masyarakat tentang QR kode, baik itu cara daftarnya hingga cara penggunaan untuk membeli BBM subsidi.

Masyarakat yang hendak membeli solar diminta menunjukkan QR kode di aplikasi MyPertamina kepada petugas, kemudian QR kode tersebut akan dipindai sebelum transaksi. QR kode tidak harus dibuka dengan gadget atau ponsel bisa juga dicetak dan dibawa ke SPBU ketika akan mengisi BBM.

Pertamina memakai aplikasi MyPertamina untuk mendata konsumen yang berhak membeli BBM subsidi, terutama bagi kendaraan roda empat, jadi tidak semua diijinkan untuk membelinya. Berikut 11 daftar daerah yang telah terapkan uji coba BBM subsidi pakai MyPertamina.

Baca Juga : Berlaku 26 Januari, Simak Cara Daftar MyPertamina Untuk Beli BBM Subsidi

Daftar Daerah yang Telah Terapkan Uji Coba BBM Subsidi Pakai MyPertamina

  1. Pandeglang
  2. Ciamis
  3. Jepara
  4. Kuningan
  5. Cilacap
  6. Mojokerto
  7. Wonogiri
  8. Lumajang
  9. Kediri
  10. Banjarmasin
  11. Payakumbuh

Jumlah daerah uji coba beli BBM subsidi pakai MyPertamina akan terus bertambah, kini ikut dilakukan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Jika uji coba berhasil, pelaksanaan akan terus diperluas ke daerah lain, diharapkan seluruh wilayah Indonesia kelak bisa menerapkan aturan tersebut, membeli BBM subsidi dengan QR kode dan sistem lainnya untuk BBM subsidi, agar BBM subsidi bisa diterima masyarakat yang memang berhak.

Diketahui BBM subsidi seperti solar dan pertalite seharusnya diperuntukkan untuk kendaraan tertentu dan warga tertentu dari kalangan menengah ke bawah, namun pada kenyataannya, BBM subsidi dinikmati oleh semua pihak termasuk mereka yang dari golongan kaya dan berkendaraan mewah.

Sebab itu pemerintah terus memikirkan cara untuk membatasinya, dengan membuat kebijakan salah satunya memakai QR kode. Meski ada uji coba beli BBM subsidi pakai MyPertamina, Pertamina memastikan tidak ada pembatasan stok BBM subsidi, uji coba dilakukan untuk sosialisasi kepada masyarakat, agar kelak ketika aturan diterapkan sepenuhnya masyarakat sudah bisa beradaptasi dengan cepat.

Baca Juga : Siap-Siap! Mengisi BBM Pertalite dan Solar Tak Bisa Pindah-Pindah SPBU