Maling Mobil di Pati Babak Belur Usai Dihajar Massa

Empat orang komplotan pencuri mobil di Pati babak belur dihajar massa yang marah. Simak Selengkapnya!

Maling Mobil di Pati Babak Belur Usai Dihajar Massa
Maling Mobil di Pati Babak Belur Usai Dihajar Massa. Gambar : Rmoljawatengah

BaperaNews - Empat orang komplotan pencuri mobil mengalami nasib apes saat hendak beraksi di Desa Sumbersoko, Kecamatan Sukolilo, Pati, pada Kamis (6/6). 

Mereka tertangkap basah oleh warga saat mencoba melarikan sebuah mobil yang terparkir di depan rumah seorang warga setempat. Akibatnya, para pelaku babak belur dihajar massa yang marah sebelum akhirnya dilarikan ke rumah sakit oleh pihak kepolisian.

Kejadian bermula sekitar pukul 13.00 siang ketika para pelaku mencoba mencuri mobil Honda Mobilio berwarna putih yang terparkir di depan rumah Aris, warga setempat. 

"Saat kejadian, saya sedang bekerja dan tidak berada di rumah. Istri saya yang mendapat kabar dari warga bahwa mobil yang dipinjam sedang dibawa kabur oleh para pelaku," ujar Aris.

Para pencuri sempat berusaha melarikan diri namun menemui jalan buntu. Dalam upaya pelarian mereka, para pelaku akhirnya ditangkap oleh warga yang segera melakukan aksi main hakim sendiri. 

Video yang beredar luas di WhatsApp menunjukkan bagaimana warga mengerumuni keempat tersangka yang sudah tak berdaya. 

Walaupun mereka sudah terjatuh dan tidak mampu bergerak, amukan warga terus berlanjut dengan pukulan dan tendangan.

Tak hanya fisik para pelaku yang menjadi sasaran kemarahan warga. Mobil yang digunakan oleh para pencuri dalam aksi tersebut juga menjadi target amukan massa dan dibakar di tempat kejadian. 

Warga yang terlanjur marah merusak kendaraan tersebut hingga tak berbentuk lagi.

Baca Juga : Dikepung Warga, Maling di Surabaya Panik Sampai Buang Air Besar di Celana

Kepolisian segera datang ke lokasi untuk meredam aksi massa dan mengamankan situasi. Keempat pelaku yang belum diketahui identitasnya segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. 

Hingga berita ini diturunkan, pihak kepolisian masih melakukan investigasi lebih lanjut terkait insiden tersebut.

Aris menjelaskan bahwa mobil yang menjadi target pencurian sebenarnya bukan miliknya.

"Mobil itu bukan milik saya. Saya hanya meminjamnya dari seorang teman dan mobil itu memang tengah terparkir di depan rumah saat kejadian," jelas Aris. 

Saat ini, mobil tersebut sudah dikembalikan kepada pemilik aslinya.

Dalam peristiwa maling mobil ini , Humas Polresta Pati masih mengumpulkan keterangan untuk menyusun laporan lengkap mengenai insiden tersebut. 

Pihak Humas mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mengumpulkan informasi lebih lanjut dan akan merilis laporan resmi setelah semua data terkumpul.

Komplotan pencuri yang terdiri dari empat pria ini merencanakan aksinya di siang hari dengan harapan tidak akan kepergok oleh warga. 

Mereka menargetkan sebuah mobil yang terlihat mudah dicuri karena terparkir di depan rumah tanpa pengawasan. Namun, aksi mereka ternyata dilihat oleh beberapa warga yang segera menyadari ada tindakan mencurigakan. 

Ketika upaya pencurian terdeteksi, warga setempat segera berkumpul dan mencoba menghalangi pelarian para pencuri. 

Para pelaku yang panik mencoba melarikan diri namun tidak berhasil karena situasi di lapangan. Mereka akhirnya tertangkap dan langsung menjadi bulan-bulanan warga yang kesal dengan tindakan pencurian tersebut.

Polisi yang tiba di lokasi segera berusaha menenangkan situasi dan melindungi para pelaku dari amukan lebih lanjut. 

Mereka juga berusaha menyelamatkan barang bukti, meskipun mobil yang digunakan oleh para pencuri sudah rusak parah dan terbakar.

Pihak kepolisian mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan menyerahkan proses hukum kepada pihak berwajib dalam menangani kasus-kasus pencurian

Meski pemahaman dan reaksi cepat dari warga sangat membantu dalam pencegahan kriminalitas, tindakan main hakim sendiri bukanlah solusi yang tepat dan dapat menimbulkan masalah hukum tambahan.

“Jika menemukan tindakan kriminal atau mencurigakan, sebaiknya segera laporkan ke pihak berwajib. Kami siap untuk menindaklanjuti laporan dari masyarakat dengan cara yang sesuai dengan prosedur hukum,” kata seorang petugas dari Polresta Pati yang tidak ingin disebutkan namanya.

Keempat pelaku pencurian mobil tersebut kini masih dirawat di rumah sakit akibat luka-luka yang mereka terima, sementara polisi terus menyelidiki lebih dalam untuk mengungkap latar belakang dan motif aksi pencurian tersebut.

Baca Juga : Keciduk Maling Motor, Pria Ini Dihukum Jalan Jungkir Balik di Kiaracondong