Profil Sopir Angkot RI yang Lebih Kaya dari Bos Uniqlo dan Jack Ma!

Prajogo Pangestu, mantan sopir angkot sukses menggeser pemilik Uniqlo sebagai orang terkaya Indonesia dengan kekayaan mencapai Rp 591,89 triliun.

Profil Sopir Angkot RI yang Lebih Kaya dari Bos Uniqlo dan Jack Ma!
Profil Sopir Angkot RI yang Lebih Kaya dari Bos Uniqlo dan Jack Ma. Gambar : Instagram/@forbeindonesia

BaperaNews - Prajogo Pangestu, seorang mantan sopir angkot, kini telah mencapai puncak kekayaan sebagai orang terkaya di Indonesia.

Berdasarkan laporan terbaru dari Forbes Real Time Billionaires per 14 November 2023, kekayaan Prajogo Pangestu diperkirakan mencapai US$ 37,7 miliar atau sekitar Rp 591,89 triliun.

Prestasinya bukan hanya memastikan posisinya sebagai orang terkaya di Tanah Air, tetapi juga mengungguli sejumlah crazy rich dunia terkenal.

Prajogo berhasil melampaui Tadashi Yanai, konglomerat pemilik retail pakaian Fast Retailing yang mencakup brand ternama Uniqlo. Dengan kekayaan mencapai US$ 35,4 miliar, Yanai tergeser oleh mantan sopir angkot yang kini menjadi magnat bisnis.

Prestasi luar biasa Prajogo tidak hanya berhenti di sana. Dia juga mengungguli Mark Mateschitz, pewaris 49% saham Red Bull, dengan kekayaan sekitar US$ 34,4 miliar. Bahkan, Prajogo Pangestu berhasil menyalip Ma Huateng, pendiri dan CEO Tencent Holdings, raksasa teknologi asal China, yang memiliki kekayaan sekitar US$ 33,9 miliar.

Baca Juga : Pengemis Kaya di Bogor Kantongi Uang Rp 56 Juta Saat Terjaring Razia

Lebih mengejutkan lagi, kekayaan Prajogo Pangestu juga melampaui 'ratu judi' asal Israel, Miriam Adelson, yang mewarisi sebagian besar kekayaan dan usaha judi mendiang suaminya. Miriam tercatat memiliki kekayaan hingga US$ 32,2 miliar.

Meski begitu, prestasi luar biasa Prajogo tak berhenti hanya dalam skala nasional. Dalam daftar Bloomberg Billionaires Index per 13 November 2023, Prajogo Pangestu menduduki peringkat ke-77 orang terkaya di dunia. Kekayaannya mencapai US$ 20,6 miliar, mengalahkan bahkan pendiri Facebook, Dustin Moskovitz, yang berada di peringkat ke-89 dengan kekayaan sebesar US$ 18,6 miliar.

Prajogo Pangestu, dengan kepemilikan sahamnya di PT Barito Pacific Tbk., menjadi sosok yang patut diperhitungkan dalam dunia bisnis global. Dengan 71% saham di BRPT, 8% saham di PT Chandra Asri Petrochemical Tbk., dan 22% saham di PT Barito Renewables Energy Tbk., kekayaannya terus bertumbuh.

Prestasinya juga melebihi tokoh-tokoh dunia lainnya, seperti Dan Gilbert, pemilik mayoritas Cleveland Cavaliers, dengan kekayaan US$ 19,7 miliar, dan Stan Kroenke, pemilik klub sepak bola Inggris Arsenal, yang memiliki kekayaan sekitar US$ 16,3 miliar.

Tak hanya Prajogo, sejumlah tokoh Indonesia lainnya juga masuk dalam daftar 500 orang terkaya Bloomberg Billionaires Index. Low Tuck Kwong dari PT Bayan Resources Tbk. menduduki peringkat ke-54 dengan kekayaan US$ 26,4 miliar. Sementara itu, Budi Hartono dan Michael Hartono, pemilik grup Djarum, masing-masing berada di posisi ke-75 dan 80 dengan total kekayaan US$ 21,1 miliar dan US$ 20 miliar.

Baca Juga : KPK Klarifikasi Menpora Ditto Soal Harta Hadiah Rp 162 M Ini Hasilnya