Latihan Gabungan Asean Asex 01-Natuna, FahdA Rafiq: Jaga Stabilitas Kawasan Wilayah Asean

Latihan Asex-01 Natuna adalah upaya Asean untuk memperkuat solidaritas, kepercayaan, dan persahabatan antara negara-negara anggota.

Latihan Gabungan Asean Asex 01-Natuna, FahdA Rafiq: Jaga Stabilitas Kawasan Wilayah Asean
Latihan Gabungan Asean Asex 01-Natuna, FahdA Rafiq: Jaga Stabilitas Kawasan Wilayah Asean. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Melalui latihan bersama Asean Solidarity Exercise (Asex) 01-Natuna, masing-masing negara telah belajar satu sama lain, memahami budaya dan tradisi militer masing-masing, dan yang lebih penting lagi, telah dapat membangun kepercayaan, solidaritas dan kebersamaan yang merupakan kunci keberhasilan asean dalam menjaga perdamaian, stabilitas, dan keamanan di kawasan ini.

Lebih lanjut disampaikan Panglima TNI bahwa Asex 01-Natuna merupakan simbol solidaritas, kerjasama, dan persahabatan yang erat di antar negara Asean dan  dilaksanakan sesuai dengan keinginan politik pemimpin  dan pandangan Asean tentang Indo-pasifik.

Latihan bersama ini difokuskan pada materi non tempur seperti keamanan maritim, tanggap bencana, dan operasi penyelamatan.  

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, Sampaikan melalui Latihan Gabungan Asean Asex-01 di Natuna, setelah sukses menggelar mencatat sejarah setelah berhasil menggelar latihan non-militer pertama di Asean, kini Latihan Gabungan Asez-01 diharapkan terus menjadi kunci keberhasilan menjaga perdamaian dikawasan.

“Setelah TNI sukses mencatat sejarah menggelar latihan non-militer pertama di Asean, kini Latihan Gabungan Asean Asex-01 Natuna 2023, saya harapkan dapat terus menjaga stabilitas kawasan wilayah Asean, juga membangun solidaritas dan kebersamaan perdamaian kawasan wilayah Asean.” Ujar Fahd A Rafiq Senin, (25/9).

Fahd A Rafiq menambahkan, “Momentum Latihan Gabungan Asex-01 Natuna 2023 ini menjadi ajang militer-militer anggota Asean bertukar pengalaman serta ilmu untuk terus membangun kepercayaan, dari Latihan Gabungan tersebut juga menjadi kunci Keberhasilan Jaga Perdamaian Di Kawasan.” Tutupnya.

Sebelum menutup kegiatan Asean Solidarity Exercise 01-Natuna 2023, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., terlebih dahulu melakukan kunjungan ke Kapal Perang Indonesia KRI Radjiman Widyodiningrat (RJW) yang telah bersandar di Dermaga Sabang Mawang beberapa hari yang lalu. Kunjungan tersebut untuk melihat langsung kegiatan  Pengobatan Massal.

Diperkirakan sekitar kurang lebih 300 masyarakat ikut melakukan pengobatan gratis diatas Kapal Perang. Sesudah meninjau pengobatan gratis, Panglima menyaksikan aksi drop box (pelepasan kargo  dari atas pesawat udara ke laut).

Kemudian selanjutnya Panglima TNI meninjau pembuatan Rumah Layak Huni (RLH) yang sudah jadi seratus persen. Kemudian dilanjutkan dengan menutup secara resmi Asex 01 -Natuna. Sekaligus  penyerahan  kunci rumah warga yang telah direhab, pembagian sembako dan penyerahan kursi roda kepada warga masyarakat setempat.

Penulis : FNID