Lansia Ditangkap di Bali Usai Ketahuan Selundupkan Ribuan Benih Lobster ke Singapura

EB (61) ditangkap di Bandara Ngurah Rai saat mencoba menyelundupkan 31.850 benih lobster senilai Rp3,1 miliar ke Singapura.

Lansia Ditangkap di Bali Usai Ketahuan Selundupkan Ribuan Benih Lobster ke Singapura
Lansia Ditangkap di Bali Usai Ketahuan Selundupkan Ribuan Benih Lobster ke Singapura. Gambar : Dok. Badan Karantina Bali

BaperaNews - Seorang lansia berinisial EB (61) ditangkap di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Jumat (6/9) setelah ketahuan mencoba menyelundupkan 31.850 benih lobster ke Singapura.

Penangkapan dilakukan setelah petugas keamanan bandara mendeteksi barang mencurigakan di koper dan tas ransel milik EB saat melalui pemeriksaan x-ray di terminal keberangkatan pada pukul 13.00 WITA.

Benih lobster yang diselundupkan merupakan jenis pasir (*Panulirus spp.*) dengan nilai diperkirakan mencapai Rp3,1 miliar. Kepala Karantina Bali, Heri Yuwono, dalam keterangannya pada Sabtu (7/9), menjelaskan bahwa EB memperoleh benih lobster tersebut dari Banyuwangi.

Sebelum berangkat ke Singapura, benih-benih tersebut terlebih dahulu di-repacking di rumahnya yang berlokasi di Sesetan, Kota Denpasar, Bali.

Penangkapan EB bermula ketika ia melewati konter pemeriksaan x-ray di Bandara Ngurah Rai. Petugas yang bertugas mendeteksi adanya barang mencurigakan di dalam koper dan tas ransel yang dibawa oleh tersangka. Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan 23 kantong plastik berisi benih lobster di kedua tas tersebut.

Baca Juga: Nunggak 2 Bulan, Setelah Digerebek Ternyata Penghuni Kos Punya Budidaya Lobster di Kamarnya

EB kemudian segera diserahkan kepada petugas Karantina Bandara Ngurah Rai dan Bea Cukai untuk diproses lebih lanjut.

"Dari hasil pemeriksaan ditemukan 23 kantong plastik berisi benih bening lobster (BBL) di dalam koper dan tas ransel tersangka," ungkap Heri Yuwono.

Setelah ditangkap, EB langsung dibawa oleh pihak Karantina dan Bea Cukai untuk pemeriksaan lanjutan. Selanjutnya, tersangka akan diserahkan kepada pihak kepolisian untuk diproses secara hukum.

"EB akan diserahkan ke pihak kepolisian untuk pemeriksaan lebih lanjut," tambahnya.

Sementara itu, benih lobster yang diamankan dari upaya penyelundupan tersebut akan diserahkan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (PSDKP/BPSPL KKP) untuk dilepasliarkan. Proses pelepasliaran ini bertujuan untuk mengembalikan benih lobster ke habitatnya dan mencegah kerugian ekologis serta ekonomi lebih lanjut.

Atas perbuatannya, EB dijerat dengan Pasal 87 Jo Pasal 34 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan serta Pasal 92 Jo Pasal 26 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan. Ancaman hukuman bagi EB adalah maksimal 6 tahun penjara dan denda sebesar Rp 3 miliar.

Baca Juga: Polisi Hentikan Penyelundupan 226 Anjing di Kalikangkung yang Bakal Dikirim ke Solo