Nunggak 2 Bulan, Setelah Digerebek Ternyata Penghuni Kos Punya Budidaya Lobster di Kamarnya

Pengelola kos di Malang terkejut saat menemukan kamar kos yang diubah menjadi kolam budidaya lobster, video ini pun viral di media sosial.

Nunggak 2 Bulan, Setelah Digerebek Ternyata Penghuni Kos Punya Budidaya Lobster di Kamarnya
Nunggak 2 Bulan, Setelah Digerebek Ternyata Penghuni Kos Punya Budidaya Lobster di Kamarnya. Gambar : Kolase Tangkapan Layar Tiktok/@griyakosbuernahuda

BaperaNews - Pengelola kos putri di Malang, Jawa Timur, baru-baru ini dikejutkan oleh penemuan tak terduga saat mereka menggerebek salah satu kamar kos yang sudah dua bulan tidak dibayar.

Bukannya menemukan kamar yang biasa, mereka malah menemukan kolam budidaya lobster di dalam kamar tersebut. Kejadian ini viral di media sosial dan mengundang berbagai reaksi dari warganet.

Sebelumnya, pemilik kos putri di Kecamatan Klojen, Kota Malang, mulai curiga setelah menerima laporan dari penghuni kamar sebelah tentang bau tak sedap yang berasal dari kamar yang belum dibayar tersebut. 

Sesuai dengan aturan kos, pemilik kos memutuskan untuk membuka kamar itu menggunakan kunci cadangan setelah penghuni tak kunjung membayar selama dua bulan dan sulit dihubungi.

“Ceritane ono arek menunggak rong wulan,” ucap pemilik kos dalam video yang diunggah di TikTok, yang artinya, “Ceritanya ada anak kos yang menunggak dua bulan.”

Saat pintu kamar dibuka, pemilik kos yang sudah bersiap dengan masker dan sarung tangan, mendapati hal yang sangat mengejutkan.

Di dalam kamar yang seharusnya digunakan untuk beristirahat itu, ternyata ada kolam budidaya lobster air tawar. Kolam ini terbuat dari terpal yang dipasang di atas kerangka paralon, lengkap dengan air dan lobster berukuran besar yang mengisi ruang yang seharusnya untuk tempat tidur.

Baca Juga: Viral! Bapak Kos Makan Kucing di Semarang untuk Obat Diabetes

Video penggerebekan ini pertama kali diunggah oleh akun TikTok @griyakosbuernahuda pada Jumat, (9/8), dan kemudian diunggah ulang oleh beberapa akun lain, termasuk di Instagram @amazingmalang.

Dalam video berdurasi 2 menit 20 detik itu, terlihat pemilik kos dengan pakaian biru memasuki kamar yang penuh dengan aroma tidak sedap.

Menurut penuturan Zidan, anak pemilik kos, kamar tersebut telah disewa oleh seorang mahasiswi selama beberapa bulan terakhir. Kamar yang berada di lantai 3 itu menjadi tempat budidaya lobster yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi oleh penghuni kamar.

“Kemudian minggu kemarin saya buka kamar kosnya. Karena kita punya kunci cadangan. Ternyata di dalam ada penangkaran lobster, dengan menggunakan media terpal,” ujar Zidan saat dihubungi.

Di dalam kamar tersebut, pemilik kos menemukan berbagai perlengkapan yang digunakan untuk budidaya lobster, mulai dari terpal yang berisi air, paralon-paralon kecil yang di dalamnya terdapat lobster, hingga bangkai lobster yang sudah dikerubungi belatung, diduga menjadi sumber bau busuk di kamar tersebut.

Tak hanya itu, kasur yang seharusnya digunakan untuk tidur malah diletakkan berdiri di sudut kamar, mungkin untuk memberi ruang bagi kolam budidaya lobster.

“Sebagian besar lobster tersebut sudah mati dan bangkainya telah dikerubungi belatung,” ungkap Zidan.

Hal ini membuat pemilik kos langsung membersihkan kamar tersebut dan memindahkan lobster yang masih hidup ke dalam ember berisi air.

Video ini tidak hanya mengejutkan pemilik kos, tetapi juga membuat heboh warganet. Banyak yang merasa heran dan tak habis pikir dengan tindakan penghuni kos tersebut. Beberapa komentar dari warganet menunjukkan berbagai reaksi, mulai dari heran hingga bercanda.

“Shik shak shok kirain banyak smpah, malah jd tambak. Iki kos putri lo kok isok due ide gawe tambak nang kamar, kreatif,” tulis salah satu warganet.

Baca Juga: Viral Video Kamar Kos Tampak Dipenuhi Sampah, Bau Badan Penghuni Bikin Ibu Kos Mual