Kulit Remaja Ini Melepuh Usai Mandi di Sungai

Seorang remaja asal Jember mengalami penderitaan setelah kulitnya melepuh karena mandi di sungai bersama lima temannya.

Kulit Remaja Ini Melepuh Usai Mandi di Sungai
Kulit Remaja Ini Melepuh Usai Mandi di Sungai. Gambar : Dok.seblang.com

BaperaNews - Seorang remaja bernama Mohammad Abil Pratama (14), asal Desa/Kecamatan Ambulu, Jember, kini mengalami penderitaan setelah kulitnya melepuh. Kejadian ini terjadi setelah Abil mandi di sungai irigasi desa setempat, tanpa diketahui penyebab yang jelas.

Peristiwa kulit remaja melepuh ini bermula pada 4 Januari 2024, ketika Abil mandi di sungai bersama lima temannya. Meskipun teman-temannya tidak mengalami efek serupa, hanya kulit Abil yang melepuh.

Keluhan pertama muncul saat malam harinya, ketika Abil mengeluhkan sakit pada matanya. Keluarga awalnya mengira ini hanya masalah mata biasa dan memberikan obat tetes mata.

Namun, keesokan harinya, muncul bintik-bintik merah di wajah dan bibir Abil. Keluarga segera membawanya ke dokter di dekat rumah, namun dokter tersebut tidak dapat mendiagnosis penyakit Abil dan menyarankan untuk dirujuk ke puskesmas.

"Pertama keluar bintik-bintik merah di bibir dan muka. Dibawa ke dokter, tidak mampu (menangani). Selanjutnya dirujuk ke puskesmas," ungkap Hafianto, paman Abil.

Baca Juga : Dokter Kulit Ungkap Bahaya Dari Tren Mandi Air Lumpur di TikTok

Namun, di puskesmas pun tim medis tidak dapat menangani kondisi Abil, dan ia akhirnya dirujuk ke RSUD dr. Soebandi Jember. Di sana, kulit yang melepuh semakin meluas, meninggalkan tanda tanya besar pada keluarga karena mereka tidak mengetahui penyebab pasti.

"Sampai di sana (puskesmas) juga tidak mampu, sekitar pukul 10 siang dirujuk ke RSUD dr. Soebandi Jember. Saat di sana, kondisi kulitnya yang melepuh semakin banyak di sekujur tubuh," tambah Hafianto.

Kondisi kulit melepuh ini mengundang perhatian kepolisian setempat, yang segera menyelidiki kasus ini setelah kabarnya menjadi viral. Kapolsek Ambulu AKP Suhartanto menyatakan bahwa penyelidikan masih berlangsung untuk mengetahui apakah sungai tersebut adalah penyebab langsung melepuhnya kulit Abil.

"Tapi ini masih belum bisa disimpulkan apakah karena habis mandi di sungai itu, masih kami lidik," ungkap Suhartanto.

Baca Juga : Fakta Menunjukkan, Mandi Air Dingin Baik untuk Kesehatan Lho