Kemendikbud Buka Pendaftaran KIP Kuliah Hingga Oktober 2022. Berikut Syarat, Cara Daftar Dan Linknya!

Kemendikbud sudah membuka pendaftaran KIP Kuliah 2022 untuk calon Mahasiswa yang membutuhkan. Berikut syarat, cara daftar hingga link pendaftaran KIP Kuliah 2022!

Kemendikbud Buka Pendaftaran KIP Kuliah Hingga Oktober 2022. Berikut Syarat, Cara Daftar Dan Linknya!
Pendaftaran dan perssyaratan KIP Kuliah 2022. Gambar : Dok.Kemendikbud

BaperaNews - Saat ini, sejumlah perguruan tinggi baik itu negeri (PTN) maupun swasta (PTS) masih membuka pendaftaran Mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri.

Bagi para calon Mahasiswa yang mengikuti seleksi mandiri, nantinya akan membutuhkan biaya yang lumayan besar, maka dari itu, kalian bisa mempertimbangkan untuk melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2022

Perlu kita ketahui, KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang mempunyai potensi akademik yang baik dan memiliki keterbatasan ekonomi. 

Beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga memberikan beasiswa jalur KIP Kuliah, oleh karena itu hal ini jangan di sia-sia kan, untuk kamu yang gagal masuk PTN bisa mengikuti beasiswa PTS jalur KIP Kuliah.

Masih banyak yang bertanya-tanya tentang, bagaimana caranya bikin KIP Kuliah?, oleh karena itu kami baperanews.com akan memberikan cara daftar dan syarat untuk mendaftar KIP Kuliah.

Baca Juga : 9 Daftar PTN Yang Membuka Jalur Mandiri Dengan Nilai UTBK Hingga Bulan Agustus!

Berikut langkah-langkah yang harus kalian ketahui jika ingin Daftar KIP Kuliah:

1. Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Seleksi Mandiri

Perlu kita ketahui, pendaftaran KIP Kuliah untuk seleksi mandiri PTN sudah dibuka sejak 1 Juni 2022 dan untuk PTS (Perguruan Tinggi Swasta) sudah dibuka sejak 8 Juni 2022 oleh Kemendikbud.

Pendaftaran untuk KIP Kuliah seleksi mandiri PTN akan ditutup oleh Kemendikbud pada 7 Oktober 2022, sedangkan pendaftaran KIP Kuliah seleksi mandiri PTS akan ditutup pada 31 Oktober 2022. Jadi, jangan sampai ketinggalan daftar KIP Kuliah yaa!

Tapi kalian jangan langsung terpengaruh dengan jadwal di atas, karena jadwal bisa berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, sebaiknya para calon Mahasiswa memantau terus laman resmi Kemendikbud jika ingin daftar KIP Kuliah.

2. Syarat Pendaftaran KIP Kuliah

Sebelum melakukan pendaftaran program KIP Kuliah kalian harus tau beberapa persyaratan supaya bisa daftar KIP Kuliah nihh. 

Berikut Persyaratan Untuk Mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2022:

  1. Calon Mahasiswa penerima KIP Kuliah harus lulusan Siswa SMA atau sederajat yang lulus maksimal 2 tahun sebelumnya atau akan lulus pada tahun berjalan.
  2. Calon Mahasiswa penerima KIP Kuliah harus memiliki NISN, NPSN, dan NIK yang valid.
  3. Calon Mahasiswa penerima KIP Kuliah memiliki potensi akademik yang baik dan memiliki keterbatasan ekonomi disertai bukti dokumen yang sah.
  4. Calon Mahasiswa penerima KIP Kuliah harus memiliki Kartu KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.
  5. Calon Mahasiswa penerima KIP Kuliah wajib lulus seleksi penerimaan Mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan akreditasi A atau B dan prodi dengan akreditasi C kemungkinan bisa daftar tapi masih harus dipertimbangkan dahulu. 

Baca Juga : Telkom University Buka Pendaftaran Beasiswa KIP Sampai 5 Juli. Ini Syarat, Cara Daftar dan Linknya!

3. Cara Daftar KIP Kuliah 2022

Ada 7 tahapan untuk kamu yang ingin daftar KIP Kuliah. Berikut cara daftar KIP Kuliah 2022:

  1. Calon Mahasiswa wajib melakukan pendaftaran di laman Kemendikbud http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ atau melalui KIP Kuliah mobile apps.
  2. Kemudian, masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email kalian yang valid atau aktif.
  3. Setelah itu, sistem KIP Kuliah akan memvalidasi NIK, NISN, NPSN serta kelayakan untuk mendapat KIP Kuliah.
  4. Apabila proses validasi berhasil, sistem akan mengirim nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email kalian yang sudah didaftarkan.
  5. Calon Mahasiswa akan menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti.
  6. Kemudian, calon Mahasiswa harus menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk Perguruan Tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem akan dilakukan dengan skema Host To Host.
  7. Untuk calon Mahasiswa penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan lulus di Perguruan Tinggi, nantinya akan melakukan verifikasi ke Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon Mahasiswa penerima bantuan KIP Kuliah

Baca Juga : Universitas Trisakti Buka Jalur Beasiswa KIP Sampai 30 Juli, Ini Syarat, Cara Daftar dan Link!