Gratis Bagasi 40 Kg untuk Penumpang Kapal Pelni, Ini Ketentuannya

PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) berikan gratis bagasi 40 kg bagi penumpang, Kini perjalanan jadi lebih nyaman dan leluasa!

Gratis Bagasi 40 Kg untuk Penumpang Kapal Pelni, Ini Ketentuannya
Ilustrasi layanan kapal PT Pelni milik BUMN. Gambar : facebook/pelni162

BaperaNews - Layanan gratis bagasi hingga 40 kg bagi seluruh penumpang kapal PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) diberikan untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan selama perjalanan. Kebijakan ini diberikan mengacu pada Permenhub No 2 Tahun 2019.

Penjelasan dari Opik Taufik (Kepala Kesekretariatan PT Pelni), dengan diberikannya fasilitas gratis bagasi tersebut, diharapkan ruang penumpang menjadi lebih nyaman dan longgar. Tak ada lagi barang bawaan yang dibawa ke ruang penumpang sehingga menciptakan ketidaknyamanan. Selain itu jika dilihat pun tampak semrawut tidak karuan. Ini merupakan bentuk kebijakan yang mengutamakan optimalisasi ruang kapal.

“Barang bawaan yang melebihi batas 40 kg, membuat penumpang lain menjadi tak nyaman. Rasanya hal tersebut memang perlu untuk segera dibatasi. Tak hanya membuat penumpang lain tak nyaman, tapi juga bisa meningkatkan resiko keselamatan dalam kondisi darurat,” kata Opik Taufik (Kepala Kesekretariatan PT Pelni).

Buat penumpang yang bisa mendapat keuntungan gratis bagasi 40 kg, tentu ada syarat dan ketentuannya. Kebijakan yang diberikan adalah gratis bagasi 40 kg khusus untuk barang dengan ukuran 70x40x35 cm atau setara dengan volume 0,1 meter kubik.

Namun bagi penumpang yang membawa barang bawaan tidak sesuai dengan ketentuan tersebut, mendapatkan kelonggaran over bagasi maksimal 40 kg. Kebijakan ini sudah bisa dianggap adil, karena menyangkut kenyamanan dan keamanan bersama.

Barang bawaan yang diperbolehkan untuk dibawa bersama penumpang hanyalah koper, tas dan berbagai kebutuhan harian saja selama di kapal. Namun jika ada penumpang yang mempunyai barang bawaan dan beratnya lebih dari 40 kg, bisa menggunakan layanan khusus yang sudah disediakan oleh PT Pelni yakni Layanan Parcel Redpack.

Redpack mulai diperkenalkan ke masyarakat sekitar tahun 2018. Layanan ini memang diperuntukkan khusus pada bidang logistik. Jadi tak ada lagi penumpang yang istilahnya menjajah penumpang lain. Sama – sama bayar, tapi ada yang membuat penumpang lain menjadi tak nyaman karena over barang bawaan.

Untuk barang bawaan yang bisa dilayani oleh Layanan Parsel Redpack maksimal hanya 120 kg saja dengan dimensi 100x50x50 cm.

Kata Opik Taufik (Kepala Kesekretariatan PT Pelni), jika membutuhkan bantuan, perusahaan plat merah itu sudah menyediakan call center di nomor 162 atau bisa juga melalui whatsapp 0811-161-1-162.