Ingin Jadi Menteri Pendidikan, Maudy Ayunda Mau Hapus Pilihan Ganda

Artis Maudy Ayunda mengungkapkan keinginannya untuk menjadi Menteri Pendidikan Indonesia dan merubah sistem pendidikan dengan penggunaan pertanyaan terbuka.

Ingin Jadi Menteri Pendidikan, Maudy Ayunda Mau Hapus Pilihan Ganda
Ingin Jadi Menteri Pendidikan, Maudy Ayunda Mau Hapus Pilihan Ganda. Gambar : Instagram/@maudyayunda

BaperaNews - Viral, video artis Maudy Ayunda menyatakan keinginannya untuk menjadi menteri pendidikan di Indonesia. Jika tercapai, ia ingin merubah aturan dan sistem pendidikan tanah air menjadi pertanyaan terbuka atau open ended questions karena ingin pelajar berpikir kritis dan menjelaskan jawaban soal dengan kalimat sendiri.

“Bisa dibilang aku pasti merubah assessment karena itu memfilter semuanya dan akhirnya berdampak pada cara guru mengajar, cara murid belajar, dan cara orang tua memberi apresiasi atau reward pada anaknya,” kata Maudy Ayunda di media sosial TikTok @felicia.tjiasaka.

Menurut Maudy Ayunda, sistem soal pilihan ganda yang selama ini banyak diterapkan di berbagai ujian membuat pelajar kurang berpikir kritis akan sesuatu.

“Kalau soalnya bukan pilihan ganda, diganti open ended questions ya pasti murid belajarnya beda. Guru juga ngajarnya beda dan akhirnya di grading itu critical thinking, analyzing, dibanding memorization,” pungkas Maudy.

Video Maudy Ayunda ingin jadi menteri pendidikan dan ingin merubah sistem pendidikan Indonesia pun mendapat banyak tanggapan warganet yang sebagian besar tentang kesiapan di Indonesia sendiri, mengingat soal dengan jawaban terbuka perlu waktu khusus untuk penilaiannya.

Warganet boleh saja membuat planning yang bagus tetapi pada kenyataannya untuk penerapan ada banyak yang juga perlu disiapkan mulai dari guru hingga yang berhubungan dengan stakeholder lain.

Baca Juga : Ini Pelajaran Sekolah Paling Penting Menurut Nadiem Makarim

“Ya emang benar pertanyaan terbuka itu gurunya jadi bener-bener tahu kemampuan kita kayak apa,” komentar @kei**.

“Planning sistem pendidikannya oke, tapi SDM banyak yang ga siap. Apalagi kalau guru disuruh periksa 120 essay murid apa ga mager tuh,” timpal @cic**.

“Butuh waktu banget buat penilaiannya, makan waktu banget harus bacain satu-satu,” sahut @hel**.

Menteri pendidikan Indonesia saat ini, Nadiem Makarim mengakui menjadi menteri adalah pengalaman tersulit yang pernah ia alami.

Diketahui seorang menteri pendidikan tidak hanya membuat planning atau rencana, tetapi juga memikirkan bagaimana planning di dunia pendidikan itu bisa dilaksanakan insan pendidikan dengan baik, yang semua itu butuh pelatihan, dana, dan lainnya yang tidak sedikit.

“Kalau ditanya apa saya enjoy, jawabannya tidak. Karena itu saya senang sama hal sulit dari situ saya belajar dan berkembang. PR saya dari Pak Presiden itu membuat lompatan bukan perubahan pelan-pelan agar Indonesia tidak tertinggal dengan negara lain,” kata Nadiem pada Selasa (25/10/20).

Nadiem menyebut pendidikan Indonesia sebenarnya bagus, banyak orang pintar, tetapi sayangnya banyak yang tidak menyadari dan tidak mau mengakui.

@baperanews.com Viral, video artis Maudy Ayunda menyatakan keinginannya untuk menjadi menteri pendidikan di Indonesia #maudyayunda #menteripendidikan #viralvideo #beritaterkini #baperanews ♬ Epic Inspiration - DM Production

Baca Juga : Luncurkan Kurikulum Merdeka, Nadiem Makarim Beberkan Keunggulan Dari Kurikulum Merdeka