9 Daftar PTN Yang Membuka Jalur Mandiri Dengan Nilai UTBK Hingga Bulan Agustus!

Berikut daftar PTN ternama yang membuka Jalur Mandiri dengan menggunakan nilai UTBK.

9 Daftar PTN Yang Membuka Jalur Mandiri Dengan Nilai UTBK Hingga Bulan Agustus!
Daftar PTN yang membuka Jalur Mandiri dengan Nilai UTBK. Gambar : spm.itb.ac.id

BaperaNews - Pengumuman hasil UTBK SBMPTN sudah diumumkan pada tanggal 23 Juni 2022 lalu. Untuk kalian para peserta UTBK yang belum lolos ke perguruan tinggi negeri (PTN) impian jangan berkecil hati. Karena nilai UTBK kalian bisa kalian gunakan untuk mendaftar Jalur Mandiri di beberapa PTN ternama.

Dengan menggunakan hasil nilai UTBK ini kalian para calon mahasiswa tidak perlu lagi mengikuti tes tertulis. Berikut daftar PTN yang membuka Jalur Mandiri dengan menggunakan nilai UTBK:

  1. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah satu PTN yang membuka Jalur Mandiri dengan nilai UTBK 2022. Jalur Mandiri ITB ini akan berlangsung pada tanggal 6 hingga 29 Juni 2022.

  1. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Selain membuka Jalur Mandiri dengan tes, Unpad juga membuka skema pendaftaran dan seleksi Jalur Mandiri menggunakan nilai UTBK. Pada jalur Mandiri Unpad, kalian yang menggunakan nilai UTBK harus memilih jurusan yang sesuai dengan kelompok ujian di UTBK. Jika pada pelaksaanan UTBK kalian memilih jurusan Soshum maka pada Jalur Mandiri ini kalian juga diwajibkan untuk memilih jurusan Soshum, begitu juga dengan Saintek.

  1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Sama seperti dengan Unpad, UNY membuka Jalur Mandiri dengan dua cara yakni menggunakan nilai UTBK dan seleksi melalui tes. Masa pendaftaran kedua jalur tersebut dibuka secara bersamaan yakni tanggal 14 Juni hingga 16 Juli 2022.

Baca Juga : Telkom University Buka Pendaftaran Beasiswa KIP Sampai 5 Juli. Ini Syarat, Cara Daftar dan Linknya!

  1. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Jalur Mandiri dengan nilai UTBK berikutnya adalah UNS. Nilai UTBK kalian bisa dimanfaatkan untuk daftar kuliah tanpa tes di UNS pada Program Diploma dan Sarjana. Untuk Program Diploma, masa pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 24 Mei yang lalu dan akan ditutup 15 Juli 2022.

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB) University

IPB University memang membuka Jalur Mandiri dengan nilai UTBK 2022, namun ada sedikit yang berbeda. Nilai UTBK yang dapat digunakan untuk daftar kuliah tanpa tes di IPB hanyalah nilai UTBK Saintek. Ketentuan tersebut berlaku untuk calon mahasiswa Sekolah Vokasi IPB, Program Sarjana, maupun Kelas Internasional. Adapun masa pendaftarannya, jadwal untuk Sekolah Vokasi sudah dimulai sejak 11 April yang lalu dan akan berakhir tanggal 12 Juli 2022. Untuk jadwal Program Sarjana dan Kelas Internasional sudah ditutup pada 25 Juni 2022 lalu.

  1. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta

UPN Veteran Yogyakarta juga membuka Jalur Mandiri yang menggunakan nilai UTBK 2022. Masa pendaftaran Seleksi Mandiri jalur UTBK untuk Program D3 dan S1 di UPN Veteran Yogyakarta berlangsung dalam kurun waktu yang sama, yakni tanggal 24 Juni sampai 7 Juli 2022.

Baca Juga : Kemendikbud Buka Pendaftaran KIP Kuliah Hingga Oktober 2022. Berikut Syarat, Cara Daftar Dan Linknya!

  1. Institusi Teknologi Sepuluh November (ITS)

Untuk ITS, Kalian masih bisa menggunakan nilai UTBK untuk Jalur Mandiri di ITS pada program D4. Masa pendaftaran Jalur Mandiri ITS bisa diikuti dengan seleksi regular dan seleksi mandiri. Masa pendaftaran keduanya sama-sama dijadwalkan berlangsung mulai 6 Juni sampai 13 Juli 2022.

  1. Universitas Airlangga (Unair)

Ada tiga Jalur Mandiri dengan nilai UTBK 2022 di Unair. Meskipun, jadwal untuk pendaftaran program S1 sudah ditutup. Terdapat dua jalur yang dapat kalian ikuti yakni Program D3 dan D4. Jadwal pendaftaran keduanya sama, baik untuk Gelombang II maupun III. Pendaftaran Gelombang II dijadwalkan tanggal 4 hingga 26 Juni 2022, sedangkan pendaftaran Gelombang III dijadwalkan tanggal 1 Juli hingga 5 Agustus 2022.

  1. Universitas Andalas (Unand)

Ada beberapa jalur Seleksi Mandiri di Unand yang dapat diikuti. Namun jika kamu ingin mengikuti Seleksi Mandiri pakai nilai UTBK 2022, maka pastikan pilihanmu adalah Seleksi Mandiri Akademik dengan menggunakan nilai UTBK. Masa pendaftaran Seleksi Mandiri nilai UTBK di Unand dijadwalkan berlangsung pada tanggal 28 Juni hingga 13 Juli 2022.

Baca Juga : Universitas Trisakti Buka Jalur Beasiswa KIP Sampai 30 Juli, Ini Syarat, Cara Daftar dan Link!