Kemenag: Hari Raya Idul Fitri 2024 Diprediksi Jatuh pada 10 April

Sidang Isbat untuk Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah dijadwalkan pada 9 April 2024, mengikuti kriteria MABIMS dan kesepakatan umat Muslim Indonesia. Baca selengkapnya di sini!

Kemenag: Hari Raya Idul Fitri 2024 Diprediksi Jatuh pada 10 April
Kemenag: Hari Raya Idul Fitri 2024 Diprediksi Jatuh pada 10 April. Gambar : Dok. Kemenag

BaperaNews - Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki, mengumumkan bahwa Sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal atau Hari Raya Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah akan digelar pada tanggal 9 April 2024. Pengumuman tersebut disampaikan setelah Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 pada Senin (25/3).

"Untuk Sidang Isbat tetap kita laksanakan pada tanggal 9 April 2024," ujar Saiful setelah Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 pada Senin (25/3).

Menurut Saiful, penentuan tanggal tersebut didasarkan pada posisi hilal yang telah memenuhi kriteria MABIMS (Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), yaitu tinggi hilal minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat. Dengan demikian, diprediksi Hari Raya Idulfitri akan jatuh pada 10 April.

Pada kesempatan yang sama, Saiful juga menyampaikan bahwa kemungkinan besar Hari Raya Idul Fitri 2024 akan dirayakan secara bersama-sama oleh seluruh umat Muslim di Indonesia. Hal ini mengingat kesepakatan yang telah diperoleh dari ormas Muhammadiyah, di mana Muhammadiyah sebelumnya menetapkan Idulfitri 1445 H jatuh pada 10 April 2024.

Baca Juga: BMKG: Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024

Haedar Nashir, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, sebelumnya juga telah mengungkapkan bahwa pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 2024 kemungkinan besar akan serempak antara pemerintah dengan Muhammadiyah. Meskipun ada kemungkinan tipis perbedaan, namun hasil kajian dan pengumpulan informasi menunjukkan keseragaman dalam penentuan tanggal Idulfitri.

Sidang Isbat yang akan digelar pada 9 April di Jakarta diharapkan akan memberikan kepastian lebih lanjut terkait penentuan tanggal Idulfitri 2024. Hal ini penting mengingat pentingnya kesepakatan bersama dalam menetapkan tanggal tersebut untuk kenyamanan dan kesatuan umat Muslim dalam merayakan Hari Raya Idulfitri.

Sebelumnya, lebaran pemerintah dengan ormas Muhammadiyah akan bersamaan jika Hari Raya Idulfitri diprediksi jatuh pada 10 April.

Baca Juga: Cara Tukar Uang Baru buat THR Lebaran Via Online