Pelatih Vietnam, Philippe Troussier Dipecat Usai Kalah 0-3 dari Timnas Indonesia

Federasi Sepak Bola Vietnam memutuskan untuk mengakhiri kontrak Philippe Troussier setelah timnya kalah telak 0-3 dari timnas Indonesia dalam kualifikasi Piala Dunia 2026. Baca selengkapnya di sini!

Pelatih Vietnam, Philippe Troussier Dipecat Usai Kalah 0-3 dari Timnas Indonesia
Pelatih Vietnam, Philippe Troussier Dipecat Usai Kalah 0-3 dari Timnas Indonesia. Gambar : Dok. VFF

BaperaNews - Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier, harus mengakhiri masa jabatannya setelah timnya mengalami kekalahan telak 0-3 dari timnas Indonesia dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa (26/3), menandai akhir perjalanan Troussier sebagai pelatih Vietnam.

Keputusan untuk memecat Troussier diambil oleh Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) setelah pertemuan antara pihak federasi dan Troussier. Hasil dari pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk mengakhiri kontrak pelatih asal Perancis tersebut, mulai tanggal 26 Maret 2024.

"Dalam pertemuan tersebut, Federasi Sepak Bola Vietnam dan pelatih kepala tim nasional Vietnam, Mr. Philippe Troussier mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak mulai 26 Maret 2024," demikian keterangan  dalam situs resmi Federasi Sepak Bola Vietnam, VFF.

Troussier sendiri sebelumnya sudah pernah mengalami nasib serupa setelah menghadapi timnas Indonesia pada ajang Piala Asia 2004. Ketika itu, setelah kekalahan Qatar yang ia latih dengan skor 1-2 dari timnas Indonesia, Troussier juga harus merasakan getirnya pemecatan.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Indonesia VS Vietnam: Garuda Kalahkan Tuan Rumah 3-0

Kisah pilu Troussier dalam pertemuan dengan timnas Indonesia terus berlanjut. Pada Piala Asia 2023, Vietnam besutannya juga menelan kekalahan 0-1 dari Indonesia yang dipimpin oleh Shin Tae-yong. Kekalahan tersebut menjadi tambahan catatan bagi Troussier saat bertemu Indonesia.

Namun, kekalahan telak 0-3 dari timnas Indonesia di Stadion My Dinh, Hanoi, menjadi pukulan terakhir bagi Troussier. Meskipun merupakan kesedihan bagi Troussier, kemenangan ini menjadi bersejarah bagi timnas Indonesia. Dengan hasil ini, timnas Indonesia berhasil mengakhiri 20 tahun tanpa kemenangan di markas Vietnam.

Sebelumnya, kemenangan terakhir timnas Indonesia di Stadion My Dinh terjadi pada Piala Tiger 2004, tepatnya pada 11 Desember 2004. Menariknya, kala itu Timnas juga mampu meraih skor 3-0. Keberhasilan ini menandai perubahan tren bagi timnas Indonesia dalam pertandingan tandang melawan Vietnam.

Baca Juga: Krisis Finansial Masih Pengaruhi Barcelona, Raphinha Khawatir Soal Masa Depannya