Kembali ke Solo, Jokowi Akan Diundang dalam Rapat Warga dan Jaga Poskamling

Presiden RI ke-7, Jokowi telah kembali ke kediamannya di Solo, Jawa Tengah, menjadi warga biasa. Simak selengkapnya disini!

Kembali ke Solo, Jokowi Akan Diundang dalam Rapat Warga dan Jaga Poskamling
Kembali ke Solo, Jokowi Akan Diundang dalam Rapat Warga dan Jaga Poskamling. Gambar : Kilatsolo

BaperaNews - Setelah purna tugas sebagai Presiden RI ke-7, Joko Widodo atau Jokowi kembali ke kediamannya di Solo, Jawa Tengah. Meskipun kini menjadi warga biasa, sikap Jokowi di lingkungan masyarakat tidak menunjukkan perubahan signifikan. 

Di hari pertama kedatangannya, pada Senin (21/10), tampak tidak ada aktivitas menonjol di sekitar rumahnya, hanya ada beberapa anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang berjaga.

Ketua RW 7 Sumber, Ariyanto Rinto Suryono (58), mengungkapkan rencana untuk mengundang Jokowi dalam rapat rutin warga.

Meskipun belum ada informasi resmi mengenai agenda yang akan dilakukan Jokowi setelah kepulangannya, Ariyanto menyatakan bahwa mereka berharap Jokowi dapat kembali berbaur dengan masyarakat. 

"Kemarin informasi dari Pak RT setelah beliau pulang, rencana rapat RT maupun RW akan diberi undangan," jelasnya.

Menurut Ariyanto, hingga saat ini belum ada pemberitahuan mengenai kegiatan Jokowi selanjutnya. Dia menjelaskan bahwa perwakilan dari Graha Saba Buana telah meminta izin kepada Jokowi terkait kepulangannya dan potensi gangguan di jalan kampung.

"Belum ada (pemberitahuan kegiatan selanjutnya)," tuturnya. 

Baca Juga : Momen Jokowi Pulang ke Solo, Disambut Meriah oleh Warga hingga Driver Gojek

Ariyanto juga berharap agar Jokowi dapat menjalankan kewajibannya sebagai bagian dari masyarakat, seperti aktif di poskamling

Dia menyampaikan harapan masyarakat RW 7 untuk melihat Jokowi kembali berinteraksi dengan warga, sama seperti sebelum ia menjabat sebagai Wali Kota Solo. 

“Harapannya masyarakat RW 7 ya harapannya berbaur lagi. Seperti sebelum tahun 2005 berbaur. Poskamling seperti dulu. Harapannya kembali ke masyarakat kewajiban dan haknya sebagai masyarakat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Tetangga Jokowi, Ahyani, yang merupakan mantan Sekda Solo, menyatakan bahwa karakter Jokowi tidak berubah meski kini telah selesai menjalankan tugas sebagai presiden. Menurutnya, Jokowi tetap dikenal sebagai sosok yang ramah dan suka bertegur sapa dengan tetangga.

"Kalau dari sisi personality enggak ada yang berubah dari warga biasa dan presiden. Tetap sama ketika beliau ketemu di depan sini. Say hello, saling mendoakan," tuturnya.

Baca Juga : Kembali Jadi Rakyat Biasa, Jokowi Terima Uang Pensiun Rp30,2 Juta Per Bulan