Besok Jokowi Mudik Ke Yogyakarta, Prabowo Berlebaran Di Hambalang, Anies & Riza Jadi Gawang

Presiden Jokowi akan mudik ke Yogyakarta pada hari Sabtu 30 April 2022 untuk merayakan lebaran atau Idul Fitri 1443 H!

Besok Jokowi Mudik Ke Yogyakarta, Prabowo Berlebaran Di Hambalang, Anies & Riza Jadi Gawang
Jokowi Mudik Ke Yogyakarta. Gambar: Biro Pers Sekretariat Presiden

BaperaNews - Lebaran 2022 ini terbilang istimewa, setelah dua kali lebaran tanpa mudik, kini pemerintah sudah mengijinkan masyarakat untuk mudik. Arus lalu lintas dan berbagai sarana transportasi kini sudah ramai oleh pemudik. Tidak hanya masyarakat saja yang menyambut gembira kebijakan ini, sejumlah pejabat termasuk Presiden Indonesia, Jokowi, juga mudik.

Presiden Jokowi akan mudik ke Yogyakarta pada hari Sabtu 30 April 2022 untuk merayakan Idul Fitri 1443 H di kota tersebut, Jokowi dikabarkan akan mudik dengan jalur udara.

“Iya hari Sabtu” ujar salah seorang sumber di Istana Negara hari Kamis 28 April 2022.

Kali ini Presiden tidak mudik ke Solo Jateng. “Saya mudik tapi enggak ke Solo, jadi saya ke Yogyakarta” ujar Jokowi di Jakut hari Senin 25 April 2022. Jokowi juga menyebut ia akan shalat Ied di Yogyakarta namun ia belum tahu akan berada disana selama berapa lama. “Belum tahu berapa lama” imbuhnya.

Yang pasti, Jokowi tidak mengadakan halal bihalal ataupun open house di Lebaran nanti, ia juga meminta segenap jajarannya untuk menghindari kegiatan tersebut sebab bisa menjadi sebab kerumunan.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Obrolan Dengan Zelensky, Tak Singgung Soal KTT G20

“Ndak ada halal bihalal, sebagaimana yang saya sudah sampaikan, halal bihalal terutama untuk yang menyangkut kerumunan banyak, pemerintah mengajak sebaiknya tidak dilakukan, terutama para pejabat” jelasnya.

Sementara itu Anies Baswedan, Gubernur Jakarta mengaku tidak mudik Lebaran di tahun ini meski pemerintah sudah mengijinkan mudik, Anies memilih untuk jaga gawang dan tetap di Jakarta karena profesinya sebagai Kepala Daerah. “Jaga gawang” ujarnya hari Selasa 19 April 2022. Ia juga memberi pesan kepada para pemudik untuk memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya.

Sama dengan Anies, Wagub Jakarta, Ahmad Riza juga tidak mudik, namun ia tetap menghabiskan waktu Lebaran bersama keluarganya di Jakarta.

“InsyaAllah Lebaran tahun ini di Jakarta” ujarnya pada hari Rabu 27 April 2022.

Terakhir ialah Menhan Prabowo Subianto, rencananya akan mudik ke Hambalang, Bogor, Jabar. Jubir Prabowo, Dahnil Anzar, mengungkap Prabowo akan shalat Ied di dekat rumahnya dan hanya silaturahmi dengan keluarga serta staf terdekat. “Shalat Ied di Hambalang dan silaturahmi tertutup bersama keluarga dan staf yang terdekat saja” ucapnya Kamis 28 April 2022.

Baca Juga: Divonis Hukuman 5 Tahun, Aung San Suu Kyi Berpotensi Dihukum Penjara Setara Seumur Hidup