Kejaksaan Agung Buka Lowongan 9 Ribu Formasi untuk CPNS 2024, Lulusan SMA Bisa Daftar

Kejaksaan Agung membuka 9.694 formasi CPNS 2024 untuk berbagai jenjang pendidikan.

Kejaksaan Agung Buka Lowongan 9 Ribu Formasi untuk CPNS 2024, Lulusan SMA Bisa Daftar
Kejaksaan Agung Buka Lowongan 9 Ribu Formasi untuk CPNS 2024, Lulusan SMA Bisa Daftar. Gambar : Instagram/@biropegkejaksaan

BaperaNews - Kejaksaan Agung (Kejagung) membuka lowongan kerja SMA hingga sarjana untuk 9.694 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024. Pengumuman ini diumumkan pada Selasa (13/8). Formasi ini mencakup peluang bagi lulusan SMA hingga sarjana untuk melamar sebagai pegawai negeri di institusi tersebut. 

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Harli Siregar, mengungkapkan bahwa penerimaan ini terbuka untuk berbagai jenjang pendidikan, dari SMA, D-3, hingga S-1.

"Ada penerimaan untuk SMA, D-3, dan S-1. Syarat dan jumlahnya akan diperbarui lebih lanjut," jelas Harli.

Informasi lebih detail mengenai formasi yang tersedia akan diumumkan kemudian melalui laman resmi Kejaksaan Agung di [https://biropeg.kejaksaan.go.id/](https://biropeg.kejaksaan.go.id/).

Sementara itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah menetapkan syarat umum untuk CPNS 2024, sebagaimana tercantum dalam Kepmenpan-RB Nomor 320 Tahun 2024 yang diterbitkan pada 29 Juli 2024.

Syarat utama meliputi usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat melamar. Selain itu, pelamar tidak boleh pernah dipidana dengan hukuman penjara dua tahun atau lebih, serta tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS, PPPK, TNI, Polri, atau pegawai swasta.

Baca Juga: Lowongan Kerja PCPM Bank Indonesia Dibuka untuk S1 hingga S2, Simak Jadwalnya!

Pelamar juga tidak boleh menjadi anggota atau pengurus partai politik dan harus memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan. Sertifikat keahlian dari lembaga profesi yang berwenang juga diperlukan, selain harus sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.

Calon pelamar wajib bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

Untuk pelamar yang memiliki kualifikasi pendidikan dari perguruan tinggi, ijazah harus terdaftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) atau Kementerian Agama (Kemenag), serta harus terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pelamar dari perguruan tinggi luar negeri harus memiliki ijazah yang telah disetarakan oleh Kemendikbud Ristek.

Pendaftaran CPNS 2024 akan dibuka pada Agustus 2024 dengan total formasi sebanyak 600.000, termasuk 60.000 di Ibu Kota Nusantara (IKN). Untuk melihat perincian formasi, pelamar dapat mengunjungi portal ASN Karier di [https://sscasn.bkn.go.id](https://sscasn.bkn.go.id).

Pada situs tersebut, pelamar dapat memilih tingkat pendidikan, jurusan, dan instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS.

Informasi mengenai formasi CPNS yang dibuka oleh Kejaksaan Agung dan instansi lainnya akan tersedia di situs tersebut setelah pendaftaran resmi dibuka. Pelamar disarankan untuk memantau update terbaru mengenai persyaratan dan dokumen pendaftaran yang diperlukan.

Baca Juga: PT Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk 69 Posisi, Cek Cara Daftarnya di Sini!