Jangan Nunggu One Way Di Pintu Tol, Bisa Diterapkan 24 Jam Sampai Minggu

Kepolisian meminta pemudik tidak menunggu berakhirnya aturan One Way di pintu tol sebab One Way akan diterapkan selama 24 jam sampai minggu.

Jangan Nunggu One Way Di Pintu Tol, Bisa Diterapkan 24 Jam Sampai Minggu
Jalur One Way Arus Balik Lebaran 2022. Gambar : ANTARA FOTO/ Dok. M Ibnu Chazar

BaperaNews - Kepolisian meminta pemudik tidak menunggu berakhirnya aturan One Way di pintu tol sebab One Way tersebut tidak bisa dipastikan kapan akan berakhir dan bisa saja diterapkan terus menerus hingga hari Minggu 8 Mei 2022.

“Bisa saja pelaksanaan aturan One Way ini kami lakukan terus menerus selama 24 jam sampai hari Minggu nanti” ujar Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Firman. One Way arus balik untuk pemudik memang sudah diterapkan sejak hari Jumat kemarin 6 Mei 2022, Firman yang memimpin langsung rekayasa lalu lintas tersebut.

One way dilakukan di Gerbang Tol Kalikangkung Jateng sejak Jumat siang hingga Gerbang Tol Cikampek Utama. “Sesuai dengan yang pernah kami sampaikan sebelum dilaksanakan arus balik untuk pemudik, pada hari ini kami akan lakukan antisipasi untuk puncak arus balik Lebaran yakni tanggal 6 – 8 Mei 2022, besar harapan saya masyarakat bisa manfaatkan jadwal hari ini, esok, dan lusa” imbuhnya.

Firman melanjutkan, One Way arus balik memang akan terus diterapkan melihat kondisi lalu lintas di lapangan, termasuk kemungkinan untuk menerapkannya selama 24 jam penuh sehingga masyarakat diminta untuk lewat jalur arteri atau jalan alternatif lainnya pada sore sampai malam hari.

Baca Juga : Arus Balik 1,9 Juta Kendaraan Diprediksi Masuk Jabodetabek

“Silahkan dimanfaatkan waktu sore atau malam hari ketika masyarakat lokal sudah istirahat jadi jalan agak lengang, jadi jangan menggantungkan atau menunggu di depan pintu tol yang sementara sedang kami pakai untuk menerapkan One Way” terangnya.

Masyarakat juga diminta untuk memeriksa arus dan rekayasa lalu lintas di lapangan secara online agar bisa memilih jalur yang terbaik, yakni memeriksa melalui media sosial NTMC, di running text, aplikasi arus lalu lintas, atau pengumuman dari Jasa Marga.

“Lebih baik ikuti saja dan perhatikan jadwalnya, semoga landai kami akan beri relaksasi satu lajur, bisa saja” tutupnya.

Arus balik untuk pemudik memang mulai ramai pada hari Jumat 6 Mei 2022, kendaraan yang dinominasi mobil pribadi mulai padat merayap di sejumlah jalan tol termasuk di Pelabuhan, diharapkan pemudik bisa menjaga staminanya dan memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik serta mengetahui jalur yang tepat agar bisa sampai di rumah dengan lancar dan selamat.

Baca Juga : Penumpang Tanpa Tiket Penyebarangan Bakal Diusir Dari Pelabuhan