Kronologi 2 Pengunjung Ragunan yang Tertimpa Dahan Pohon hingga Dilarikan ke Rumah Sakit

2 Pengunjung Ragunan tertimpa dahan pohon pada Selasa (16/4). Keduanya mengalami luka serius dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Baca selengkapnya di sini!

Kronologi 2 Pengunjung Ragunan yang Tertimpa Dahan Pohon hingga Dilarikan ke Rumah Sakit
Kronologi 2 Pengunjung Ragunan yang Tertimpa Dahan Pohon hingga Dilarikan ke Rumah Sakit. Gambar: Kolase Tangkapan Layar X/@tijabar

BaperaNews - Dua pengunjung Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, mengalami kecelakaan setelah tertimpa dahan pohon yang tumbang pada Selasa (16/4) sekitar pukul 12.15 WIB. Peristiwa ini terjadi saat kedua pengunjung tersebut sedang duduk di salah satu area Ragunan, menggelar tikar seperti sedang piknik.

Akibat kejadian tersebut, keduanya harus segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis yang intensif.

Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang P, menjelaskan bahwa lokasi kejadian berada di taman Kemenyan, di samping lokasi kuliner kandang jerapah. Meskipun saat kejadian tidak ada angin yang bertiup di lokasi, tiba-tiba cabang dari pohon kemenyan jatuh menimpa pengunjung yang sedang duduk di area tersebut.

Korban berasal dari rombongan keluarga Rofiudin, yaitu istri Rofiudin, Tri Retno Haryati (55) dan Ria Haryani (31). Keduanya mengalami luka-luka yang cukup serius sehingga memerlukan perawatan di rumah sakit. Biaya pengobatan mereka ditanggung oleh pihak Ragunan.

Baca Juga: Ini Kronologi Mahasiswi Indonesia yang Tewas Tertimpa Pohon di Australia

“Korban mengalami luka di bahu dan kepala,” jelas Wahyudi.

“Pada pukul 12.30 WIB setelah dilakukan observasi, korban langsung dievakuasi ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan penanganan medis lanjutan,” tambahnya.

Setelah kejadian pengunjung tertimpa dahan pohon, manajemen Ragunan melakukan langkah-langkah preventif dengan mendata cabang atau ranting pohon yang kering. Sebanyak 64.982 pohon direncanakan akan dipotong ranting atau cabangnya yang kering.

Langkah antisipasi ini termasuk pemangkasan pohon di area piknik depan kandang jerapah yang berpotensi berbahaya bagi pengunjung, dengan cara pemangkasan, penopingan, dan pembandingan dengan tali ranting atau cabang yang kering.

Baca Juga: KA Babaranjang Tertimpa Girder Pembangunan Flyover Muara Enim yang Ambruk