Inilah Hasil Debat dan Survei Sementara Pilgub DKI Jakarta 2024

Debat pertama Pilkada DKI Jakarta 2024 telah berlangsung di JIExpo Kemayoran pada Minggu (6/10/2024). Simak hasil dan survei sementaranya disini!

Inilah Hasil Debat dan Survei Sementara Pilgub DKI Jakarta 2024
Inilah Hasil Debat dan Survei Sementara Pilgub DKI Jakarta 2024. Gambar : MI/Dok. Usman Iskandar

BaperaNews - Debat pertama Pilkada DKI Jakarta 2024 yang diadakan di JIExpo Kemayoran pada Minggu (6/10/2024), mempertemukan tiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur.

Debat Pilgub Jakarta 2024 ini fokus pada tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global," membahas sejumlah isu strategis terkait masa depan Jakarta. Berikut rangkuman visi, misi, dan program yang diusung oleh masing-masing paslon.

Ridwan Kamil-Suswono (Paslon Nomor Urut 1)

Pasangan Ridwan Kamil-Suswono yang diusung 12 partai besar, seperti Gerindra, Golkar, dan PKS, menekankan pada pelestarian budaya Betawi di tengah keberagaman Jakarta.

Ridwan Kamil berjanji untuk membangun budaya Betawi sebagai warisan lokal yang harus diprioritaskan. Selain itu, mereka menyoroti pentingnya keterlibatan generasi muda, khususnya Gen Z, dalam transformasi Jakarta.

Dalam hal transportasi, Ridwan Kamil mengusulkan inovasi untuk mengatasi kemacetan dengan membangun perahu yang melintasi 13 sungai di Jakarta serta memperluas flyover. Selain itu, perlindungan terhadap perempuan, anak, dan disabilitas menjadi salah satu agenda prioritas mereka.

Baca Juga : Daftar Kegiatan Kampanye Ridwan Kamil Selama Masa Pilkada 2024

Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Paslon Nomor Urut 2)

Paslon Dharma-Kun memaparkan program reformasi teknologi yang mendukung strategi "samudera biru" dan bioekonomi. Program ini diharapkan bisa berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian Indonesia.

Dharma juga mengungkapkan keinginannya menjadikan Jakarta sebagai pusat ekonomi nasional dan global, dengan prioritas pada manajemen air untuk mengatasi banjir serta optimalisasi waduk, taman, dan hutan kota.

Pramono Anung-Rano Karno (Paslon Nomor Urut 3)

Pasangan yang didukung oleh PDIP ini mengusung program "Jakarta Menyala" dengan salah satu proyek unggulan berupa penyelenggaraan Benyamin S Awards sebagai penghormatan kepada seniman legendaris Betawi, Benyamin Sueb.

Program ini juga akan mencakup pembentukan bursa kerja di kecamatan setiap tiga bulan, pelatihan bersertifikat, dan penerapan Work From Anywhere (WFA) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), BUMD, dan sektor swasta.

Paslon Pramono-Rano juga berjanji untuk melanjutkan program wajib belajar 12 tahun, Kartu Jakarta Pintar (KJP), serta Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) yang bisa digunakan hingga lulus kuliah.

Mereka berencana memasang CCTV di setiap RT serta memberikan insentif kepada pengurus RT/RW demi menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

Hasil Survei Sementara

Menurut hasil survei Indonesia Strategic Institute (Instrat), paslon Ridwan Kamil-Suswono unggul dalam perolehan elektabilitas. Dukungan mereka banyak berasal dari pergeseran loyalis Anies Baswedan yang dikenal sebagai "Anak Abah", dengan 78,84 persen pendukungnya telah menyatakan pilihan pada Pilgub DKI Jakarta 2024.

Baca Juga : Kegiatan Kampanye Promono Anung Selama Masa Pilkada 2024