Ini 10 Manfaat Penting Silaturahmi Saat Lebaran

Silaturahmi jadi salah satu momen di kala lebaran tiba, ternyata silaturahmi memiliki manfaat yang sangat banyak loh!

Ini 10 Manfaat Penting Silaturahmi Saat Lebaran

BaperaNews - Silaturahmi jadi salah satu momen di kala lebaran tiba, silaturahmi sendiri ialah saling bertemu dengan keluarga, orang terdekat, teman, atau tetangga sekitar, orang-orang yang mengenal dan berada di sekitar kita, silaturahmi terlebih ketika Lebaran atau hari raya Idul Fitri tiba bukan hanya tradisi semata loh, ternyata banyak manfaat di baliknya, baik dari secara umum maupun dari sisi agama, berikut ini 10 manfaat silaturahmi yang tentunya tetap harus dijaga selama lebaran di masa pandemic covid19 ini dengan mentaati prokes.

  1.       Menguatkan tali persaudaraan

Anda yang sudah lama tidak bertemu keluarga, di tahun 2022 ini mudik sudah boleh dilakukan dengan prokes, sebab itu ini jadi momen penting untuk Anda bisa kembali mengeratkan tali persaudaraan dengan silaturahmi dan mengunjungi mereka di rumahnya.

  1.       Mengenal anggota keluarga baru

Lama tidak bertemu terkadang kita melewatkan sejumlah moment seperti pernikahan atau kelahiran bayi, tentun dengan silaturahmi kita akan berjumpa dengan anggota keluarga baru yang memperluas koneksi dan persaudaraan lebih dalam.

  1.       Mendekatkan diri dengan Allah

Allah menyukai hambanya yang tidak memutus tali silaturahmi, sebab itu, manfaat silaturahmi di masa Lebaran ini juga sebagai jalan mendapatkan pahala dan ridho dariNya.

  1.       Melancarkan rezeki

Silaturahmi terkadang menjadi moment menolong saudara yang membutuhkan, di saat Lebaran juga biasa diiringi dengan memberi hampers atau uang jajan kepada anak-anak kecil yang tentunya akan memberi kebahagiaan untuk orang lain yang akan melancarkan rezeki kita sendiri.

Baca Juga: Catat! Ini Waktu Yang Dianjurkan Untuk Membayar Zakat Fitrah

  1.       Kunci ke surga

Menyambung tali silaturahmi juga termasuk salah satu perintah Allah, dengan demikian bisa mendekatkan diri kepada Allah dan menjadi salah satu kunci ke surga.

  1.       Memperpanjang umur

Selain meluaskan rezeki, Allah juga memperpanjang umur bagi orang yang suka silaturahmi, dengan demikian moment silaturahmi di masa Lebaran ini juga akan memperpanjang umur kita.

  1.       Menyehatkan mental

Selalu berada di rumah dan tidak bertemu siapapun atau sibuk bekerja sepanjang waktu tentu membuat kita stress, dengan silaturahmi, kita akan berbincang dengan banyak orang yang memperbaiki mood serta menyehatkan mental karena stress bisa berkurang.

  1.       Memperluas ilmu

Dengan bertemu banyak orang, silaturahmi akan memberi kita pelajaran untuk berbuat baik pada orang lain dan bagaimana tetap baik pada semua orang, dengan demikian manfaat silaturahmi ini akan memperluas ilmu kita terutama dalam hal sosialisasi.

  1.       Menunjukkan keimanan

Silaturahmi adalah bentuk menghargai orang lain yang mana juga menunjukkan bentuk keimanan seseorang, dengan demikian, semakin suka seseorang bersilaturahmi artinya ia juga punya iman yang bagus karena selalu menyambung tali persaudaraan.

  1.   Menggugurkan dosa

Silaturahmi bisa menyelesaikan kesalahpahaman dan juga saling memaafkan sehingga bisa menggugurkan dosa-dosa kita.

Baca Juga: 10 Tips Mudik Aman Dan Nyaman Bareng Keluarga