Fenomena Misterius di Demak: Semburan Lumpur Muncul dari Kamar

Viral video di TikTok memperlihatkan sebuah fenomena misterius yang terjadi di Demak adanya semburan lumpur yang muncul dari dalam kamar.

Fenomena Misterius di Demak: Semburan Lumpur Muncul dari Kamar
Fenomena Misterius di Demak: Semburan Lumpur Muncul dari Kamar. Gambar : Kolase Tiktok/bangsentot

BaperaNews - Sebuah video memperlihatkan semburan lumpur disertai bau dan gas yang keluar dari sebuah kamar warga. Kejadian ini terjadi pada Kamis (30/11/2023) di Desa Tempuran RT 4 RW 1, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak

Kabid Kedaruratan dan Logistik (Darlog) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, Suprapto, membenarkan peristiwa semburan lumpur tersebut. Kejadian ini terjadi sejak Kamis sekitar pukul 17.00 WIB. Kamar yang menjadi lokasi semburan lumpur awalnya adalah bekas sumur yang sudah ditutup.

Setelah dilakukan pengecekan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), diketahui bahwa penyebab semburan lumpur ini adalah adanya kandungan gas metana. Gas tersebut terbentuk dari organik atau yang biasa disebut gas rawa.

Meskipun terdapat gas metana, Suprapto memastikan bahwa kandungan gas tersebut tidak terlalu berbahaya, hanya sekitar 4 hingga 10 persen. Warga diminta untuk tidak khawatir, dan antisipasi dilakukan dengan tidak menutup lubang tersebut dan memberikan pipa pembuangan.

Baca Juga : Misteri Motif Pembunuhan di Gresik: Pisau Tertancap di Mulut Korban

Pemilik rumah menyatakan bahwa sebelum semburan lumpur terjadi, ia mendengar suara seperti letusan sekitar jam 5 sore. Suara tersebut terdengar agak keras, dan pemilik rumah heran dengan asal muasal suara tersebut.

Menurut Anggota Damkar Demak, Nanang Ardy, semburan lumpur berasal dari sumur bor dengan kedalaman sekitar 108 meter, yang sebelumnya tidak digunakan.

Pemilik rumah membagikan video semburan lumpur di Demak ini lewat TikTok, warganet langsung ikut berkomentar. Bahkan banyak yang berkelakar bila bisa saja kejadian ini mirip lumpur lapindo. 

Namun dibalik seriusnya kolom komentar, masih ada warganet yang ikut melemparkan candaan di komentarnya.

@baperanews.com Sebuah video memperlihatkan semburan lumpur disertai bau dan gas yang keluar dari sebuah kamar warga. Kejadian ini terjadi pada Kamis (30/11/2023) di Desa Tempuran RT 4 RW 1, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak #demak#lumpur#gas#baperanews ♬ Epic News - DM Production

Baca Juga : Viral! Siswa di Kupang Mabuk Alkohol, Tidur di Semak-semak Hingga Pelukan