Fakta - Fakta Tetsuya Yamagami Si Pembunuh PM Jepang Shinzo Abe

Sosok Tetsuya Yamagami menarik perhatian masyarakat Jepang akibat tindak kejahatannya. Berikut 4 Fakta Tentang Tetsuya Yamagami terkait dengan aksi pembunuhan Shinzo Abe.

Fakta - Fakta Tetsuya Yamagami Si Pembunuh PM Jepang Shinzo Abe
Fakta dari pembunuh Tetsuya Yamagami kepada mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo AbeGambar : Reuters.com/Kyodo

BaperaNews - Pihak kepolisian Jepang masih melakukan penyelidikan terkait pembunuhan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang tewas ketika berpidato di dekat Stasiun Nara, Barat Jepang yang terjadi hari Jumat pekan lalu (8/7).

Diketahui Shinzo Abe (67) dinyatakan meninggal dunia di RS Nara Medical University lima jam setelah penembakan berlangsung, tepatnya pukul 17.03 waktu setempat. Polisi juga telah menangkap pelaku penembakan yaitu Tetsuya Yamagami berjenis kelamin laki-laki (41) di lokasi penembakan terjadi.

Sosok Tetsuya Yamagami menarik perhatian masyarakat Jepang akibat tindak kejahatannya, motif hingga riwayat keluarganya pun banyak dipertanyakan.

Berikut 4 Fakta Tentang Tetsuya Yamagami terkait dengan Aksi Pembunuhan :

  1. Motif Dendam

Tetsuya Yamagami mengaku membunuh Shinzo Abe karena dendam terhadap organisasi yang dipercaya berhubungan langsung dengan Abe pada tahun 2006-2007 dan 2012-2020.

“Tersangka mengatakan punya dendam pada sebuah organisasi, dan Tetsuya Yamagami melakukan kejahatannya karena ia percaya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berhubungan dengan organisasi itu” ujar seorang pejabat kepolisian Nara (8/7).

Motif pembunuhan yang dilakukan oleh Tetsuya Yamagami, Shinzo Abe mempromosikan organisasi tersebut hingga membuat ibunya (pelaku) donasi dalam jumlah besar dan bangkrut. “Hidup kami jadi lebih sulit setelah menyumbang uang untuk organisasi itu, saya yakin dia (Shinzo Abe) terkait dengan organisasi, aku ingin membunuhnya” imbuhnya kepada polisi. Namun polisi Jepang tidak menjelaskan lebih detail organisasi apa yang dimaksud.

  1. Membuat Senjata Api Buatan Sendiri

Polisi Jepang menemukan beberapa senjata api rakitan di rumah Tetsuya Yamagami, senjata itulah yang dipakai untuk menembak Shinzo Abe. Kepolisian menyatakan Abe ditembak sebanyak tiga kali dari belakang hingga timah panas yang merupakan isi senjata api rakitan tersebut menembus leher dan dada Shinzo Abe.

Sebagai informasi, senjata api yang dipakai Tetsuya Yamagami ialah rakitan sendiri, panjangnya 40 cm dan tingginya 20 cm.

  1. Mantan Angkatan Laut

Tetsuya Yamagami ialah mantan anggota Angkatan Laut Jepang, ia keluar pada tahun 2005 silam. Saat ini Tetsuya Yamagami seorang pengangguran, mantan koleganya menyebutnya pria yang jujur dan normal namun tertutup.

Baca Juga : 7 Fakta Penembakan Shinzo Abe Sampai Meninggal Dunia

“Jika bicara tentang pekerjaan ia akan merespon, tapi tidak pernah bicara kehidupan pribadinya” ujar dari mantan rekannya.

  1. Ingin Bunuh Shinzo Abe Pakai Peledak

Kepada polisi, Tetsuya Yamagami mengaku awalnya ingin membunuh Shinzo Abe dengan peledak dan sudah menyiapkannya untuk membunuh Abe di Okayama. Namun karena ada prosedur pendaftaran di pintu masuk, ia merasa akan sulit untuk melakukan pembunuhan .

Tetsuya Yamagami kemudian memutuskan untuk melakukan aksi pembunuhan di Nara dimana acara dilakukan di ruang terbuka di dekat Stasiun Yamato Saidaji hari Jumat (8/7) dan minim pengawasan polisi sehingga ia bisa dengan mudah menembak Abe dari belakang.