Xi Jinping Dan Vladimir Putin Beri Selamat Ke Macron Hingga Israel Gempur Libanon

Berita Internasional terkini dari Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin ucapkan selamat kepada Macron, Malaysia banjir bandang, Ukraina minta maaf ke Jepang, hingga Israel yang menyerang Libanon!

Xi Jinping Dan Vladimir Putin Beri Selamat Ke Macron Hingga Israel Gempur Libanon
Xi Jinping Dan Vladimir Putin Beri Selamat Ke Macron. Gambar: Dok. Maxim Shipenkov/AFP

BaperaNews - Kami hadirkan berita internasional paling populer hari ini, diantaranya Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin ucapkan selamat kepada Macron yang kembali terpilih jadi Presiden, Malaysia banjir bandang, Ukraina minta maaf ke Jepang, dan juga Israel yang menyerang Libanon.

Selengkapnya dalam rangkuman berikut.

  1.       Xi Jinping dan Vladimir Putin beri ucapan selamat kepada Macron

Emmanuel Macron, kembali terpilih jadi Presiden Prancis pada pemilu hari Minggu lalu 24 April 2022.

“Saya dengan tulus mengharap kesuksesan Anda terkait urusan kenegaraan, kesehatan yang baik, dan kesejahteraan” ujar Vladimir Putin dalam sebuah keterangan resmi.

Sedangkan Xi Jinping menyampaikan, “Kami akan terus bekerjasama dengan Presiden Macron untuk menjaga hubungan diplomatik yang berdasar pada independensi, pandangan masa depan, saling mengerti, dan keuntungan bersama-sama”.

  1.       Malaysia banjir bandang

Kuala Lumpur, Malaysia dilanda banjir sejak Senin sore 25 April 2022 waktu setempat, banjir melanda sejumlah protokol jalan setelah hujan deras terjadi dalam waktu lama, akibatnya sejumlah anggota Parlemen Malaysia ngomel ke pemerintah dan melayangkan kritik.

Baca Juga: Saling Kirim Surat, Kim Jong Un Berterima Kasih Ke Presiden Korea Selatan

Anggota DPRD Lembah Pantai, Malaysia, Fahmi Fadzil menyebut banjir bandang terjadi karena saluran air tersumbat dan banyak masalah berkaitan dengan pembersihan serta pemeliharaan saluran air.

“Kolam banjir harus bisa dirawat dengan baik, saya lihat ada banyak limpasan tanah di lapisan atas yang menandakan air berasal dari lokasi konstruksi.” Ujarnya.

  1.       Ukraina minta maaf ke Jepang

Ukraina minta maaf kepada pemerintah Jepang imbas dari video yang membandingkan tokoh Adolf Hitler dan Benito Mussolini dengan kaisar Jepang Hirohito, video dibuat untuk mendeskripsikan nazizme dan fasisme terkait Ukraina mengutuk invasi dari Rusia.

“Kami tidak punya niat untuk menyinggung masyarakat Jepang” ujar Ukraina. Sebelumnya Ukraina membuat video kritikan untuk Rusia atas invasi ke negaranya dengan memuat tiga tokoh tersebut, Jepang pun memberi komentar pedas, “Itu tak perlu dan sangat disayangkan” ucap Jepang.

  1.       Israel gempur Libanon

Israel menyerang Libanon sebagai bentuk balasan atas tembakan roket yang sebelumnya menghantam pada hari Senin 25 April 2022. “Ini adalah balasan atas proyektil yang ditembak Libanon ke utara Israel, pasukan artileri bersenjata Israel pun menyerang sumber tembakan tersebut” bunyi keterangan dari IDF. Jubir militer Israel, Ran Kochav, menyebut, roket awalnya ditembakkan di lapangan terbuka di utara Israel.

Baca Juga: Sekjen PBB Temui Vladimir Putin 26 April Di Moskow Usai Sindir Rusia