Dukcapil Terbitkan 960 Dokumen Pengganti Bagi Korban Erupsi Semeru

Bantu permudah korban Erupsi Gunung Semeru, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) langsung terbitkan 960 dokumen pengganti. Berikut informasinya !

Dukcapil Terbitkan 960 Dokumen Pengganti Bagi Korban Erupsi Semeru
Ilustrasi Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran Gambar : dukcapil.slemankab.go.id

BaperaNews - Penerbitan 960 dokumen kependudukan merupakan bentuk kepedulian Dinas Dukcapil terhadap para korban bencana erupsi Gunung Semeru. Dalam dua hari terakhir, dinas terkait beserta jajarannya bekerja keras untuk menerbitkan dokumen baru sebagai pengganti.

Zudan Arif Fakrulloh (Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri) mengatakan telah berupaya untuk memberangkatkan tim yang bertugas untuk memberikan pelayanan Dukcapil ke tempat terdekat dari lokasi bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Ini dilakukan pemerintah agar memudahkan masyarakat yang terdampak langsung bencana erupsi Semeru tersebut dalam mengurus dokumen baru yang sempat lenyap.

Kami harus bekerja lebih proaktif, apalagi ini soal bencana erupsi Gunung Semeru yang membuat masyarakat mengalami kesulitan belakangan ini. Tim yang sudah kami bentuk, diharapkan bisa berkoordinasi dengan baik dengan Dinas Dukcapil Lumajang. Tak perlu menunggu penduduk di Lumajang mengajukan dokumen baru, kita harus sudah menyediakannya tanpa diminta. Itulah tugas kita sebagai pelayan masyarakat,” kata Zudan pada keterangan yang dibuat secara tertulis pada hari Sabtu 11 Desember 2021.

Tim dari Dinas Dukcapil Mendirikan Posko Layanan Darurat

Pendirian posko layanan darurat yang dilakukan oleh tim Dukcapil dikomandoi langsung oleh Adi Ariansyah (Kasubdit Monitoring Evaluasi Direktorat Pencatatan Sipil). Mereka tiba di Lumajang pada hari Rabu, 8 Desember 2021 pada pukul 23.50 WIB.

Sebelum mulai bekerja untuk melayani masyarakat, Tim Dukcapil berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kepala Dinas dan juga jajaranya di Kabupaten Lumajang. Posko darurat langsung didirikan dan mulai proses pencetakan dokumen kependudukan khusus bagi korban bencana erupsi Semeru. Posko darurat pelayanan dukcapil tersebut didirikan di Balai Desa Sumberwuluh dan juga Balai Desa Penanggal pada hari Kamis, 9 Desember 2021 yang mulai dibuka sejak pukul 09.30 WIB.

Setidaknya Sudah Mencapai 960 Dokumen Baru yang Berhasil Dicetak

Menurut penjelasan dari Adi Ariansyah (Kasubdit Monitoring Evaluasi Direktorat Pencatatan Sipil), sudah ada setidaknya 960 dokumen baru yang sudah berhasil dicetak terhitung sampai pukul 19.30 WIB hari Kamis, 9 Desember 2021. Rincian dokumen yang telah diterbitkan oleh Dukcapil antara lain 2 perekaman KTP elektronik, pencetakan 22 KTP elektronik, pencetakan 822 KK baru sebagai pengganti yang ruak, pencetakan 84 lembar akta kelahiran dan pencetakan KIA sebanyak 30 keping.

Selanjutnya tim Dukcapil juga akan segera menerbitkan sejumlah dokumen akta kematian untuk diberikan kepada warga yang anggota keluarganya menjadi korban erupsi Semeru.