Driver Ojol yang Hina Kasir Disabilitas Bakal Dipecat oleh Direktur Grab

Grab Indonesia berkomitmen untuk mengambil tindakan tegas terkait tindakan driver ojol yang menghina kasir disabilitas di coffee shop Depok.

Driver Ojol yang Hina Kasir Disabilitas Bakal Dipecat oleh Direktur Grab
Driver Ojol yang Hina Kasir Disabilitas Bakal Dipecat oleh Direktur Grab. Gambar : Tangkapan Layar X/@Heraloebss

BaperaNews - Video driver ojek online (ojol) menghina pegawai coffee shop penyandang disabilitas tuli viral. Peristiwa ini terjadi di kafe Kalimulya, Cilodong, Kota Depok.

Grab Indonesia, melalui Director of Digital and Sustainability Rivana Mezaya, dengan tegas mengecam tindakan tersebut. Dalam pernyataan resminya, Rivana mengonfirmasi bahwa pengemudi ojol dalam video itu adalah mitra Grab.

"Kami turut prihatin atas kejadian yang dialami oleh salah satu karyawan disabilitas di coffee shop terkait," ujar Rivana.

Kejadian itu terjadi pada Selasa (27/8), dan pihak Grab langsung melakukan penyelidikan terkait insiden tersebut.

Rivana menjelaskan bahwa mereka telah bertemu dengan pemilik coffee shop pada 29 Agustus 2024 untuk membahas insiden tersebut. Jika terbukti bersalah, Grab tidak akan ragu untuk memutus kemitraan dengan driver tersebut.

Grab juga menegaskan komitmennya untuk menindak segala bentuk diskriminasi, termasuk tindakan tidak pantas yang dilakukan oleh mitra pengemudi terhadap penyandang disabilitas.

"Kami tengah melakukan investigasi internal lebih lanjut, dan akan langsung memutus kemitraan mitra pengemudi terkait jika terbukti bersalah," kata Rivana.

Grab telah menerapkan kode etik yang ketat. Setiap mitra kerja yang melanggar aturan ini akan ditindak tegas sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Baca Juga: Viral! Kasir Disabilitas Dikatain Driver Ojol: Kalo Tuli Gausah Dikasih Kerjaan

Peristiwa ini bermula ketika driver ojol mendatangi coffee shop untuk mengambil dua pesanan. Namun, karena pegawai yang melayani adalah penyandang disabilitas tuli, terjadi kesalahpahaman dalam proses penyerahan pesanan. Pegawai hanya memberikan satu paket, sementara driver meminta dua pesanan.

Meski pegawai telah berusaha melayani dengan baik, driver ojol tersebut malah marah dan melontarkan hinaan. Rekan kerja pegawai tersebut mencoba menjelaskan bahwa pegawai tersebut adalah penyandang disabilitas tuli, namun driver tetap menghinanya.

"Tol*l banget sih Bang. Kalau tuli enggak usah dikasih (kerjaan) mendingan Bang," ucap driver tersebut, seperti yang terekam dalam CCTV.

Video ini pun viral dan menuai beragam komentar dari netizen.

"Eh sialan lu se enaknya ngomong gituu, awas kena karma secara langsung. Mbak nya yg sabar yg kuat," tulis salah satu akun di media sosial.

"Yaallah nyesek bgt gua dengernya, jahat bgt lu bang sumpah jahat bgt," komentar lainnya dari netizen.

Sementara itu, pegawai penyandang disabilitas berinisial D dilaporkan dalam kondisi baik-baik saja dan tetap bekerja di coffee shop tersebut.

Hingga saat ini, pihaknya masih mempertimbangkan apakah akan melaporkan kasus ini ke polisi atau tidak, sambil menunggu investigasi internal dari Grab selesai.

Baca Juga: Siswa Penyandang Disabilitas di Makassar Dibully Teman Sekelas dan Senior