Viral! Wanita di Bogor Temani Suami 9 Tahun Cuci Darah Akibat Penyakit Gagal Ginjal

Riri Robiani, wanita asal Bogor, menceritakan kisah kesetiaannya selama 9 tahun mendampingi suaminya yang mengidap gagal ginjal untuk selalu mencuci darah. Simak selengkapnya di sini!

Viral! Wanita di Bogor Temani Suami 9 Tahun Cuci Darah Akibat Penyakit Gagal Ginjal
Viral! Wanita di Bogor Temani Suami 9 Tahun Cuci Darah Akibat Penyakit Gagal Ginjal. Gambar : Tangkapan Layar Tiktok/@ririyassir01

BaperaNews - Kisah seorang wanita di Bogor viral setelah kesetiaannya menemani suaminya selama sembilan tahun menjalani cuci darah akibat penyakit gagal ginjal. Riri Robiani (30), mengungkapkan bahwa suaminya, Yassir AlHabsyi, didiagnosis mengidap gagal ginjal kronis pada tahun 2015, ketika usianya baru 22 tahun.

Menurut Riri, saat Yassir diperiksa oleh tim dokter, kondisi gagal ginjalnya sudah memasuki stadium akhir. Hal tersebut memaksa Yassir untuk menjalani prosedur cuci darah sepanjang hidupnya.

"Karena darahnya kotor, banyak cairan, racun, dan limbah yang menumpuk di dalam darahnya. Tugas cuci darah sebenarnya adalah tugas ginjal, tapi karena ginjalnya rusak jadi harus cuci darah," ujar Riri pada Sabtu (24/2).

Dari hasil pemeriksaan dokter, Yassir juga terdiagnosis menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, yang merupakan salah satu faktor utama penyebab gagal ginjal. Meskipun Yassir tidak memiliki riwayat keluarga dengan hipertensi, Riri menduga bahwa penyakit itu muncul akibat gaya hidup sebelumnya yang tidak sehat.

Riri menyebutkan bahwa Yassir sering begadang, mengonsumsi junk food, makanan tinggi garam, dan memiliki kebiasaan merokok sebelum diagnosis pada tahun 2015.

Baca Juga: Astaghfirullah! 300 Batu Ginjal Ditemukan di Tubuh Wanita Ini

Sejak diagnosis tersebut, Yassir telah menjalani ratusan kali prosedur cuci darah. Riri bersyukur karena prosedur tersebut dicover oleh BPJS Kesehatan, sehingga tidak memberatkan secara finansial.

Riri hanya perlu menyiapkan sebagian kecil biaya untuk obat-obatan yang belum ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Dalam perkembangan terkini, Riri menyatakan bahwa kondisi tubuh suaminya telah jauh lebih baik. Meskipun harus menjalani cuci darah seumur hidup, Yassir masih mampu beraktivitas seperti biasa dan bekerja untuk mencari nafkah.

"Kondisinya sehat, bisa beraktivitas normal. Meskipun demikian, dia tetap harus rutin menjalani cuci darah secara medis seumur hidup. Meskipun masih bisa bekerja, dia harus menghindari angkat barang berat," ungkap Riri.

Baca Juga: Viral Bayi ini Lahir Selamat Dengan 4 Ginjal, Kok Bisa?