Disentil Denny Caknan, Trio Rakus Minta Maaf Usai Sebut Suku Jawa "Kuli"

Trio Rakus meminta maaf setelah video mereka yang menyinggung pekerjaan kuli Jawa viral.

Disentil Denny Caknan, Trio Rakus Minta Maaf Usai Sebut Suku Jawa "Kuli"
Disentil Denny Caknan, Trio Rakus Minta Maaf Usai Sebut Suku Jawa

BaperaNews - Konten kreator Trio Rakus meminta maaf setelah videonya menyinggung dan dianggap meremehkan pekerjaan kuli dari Jawa. Permintaan maaf ini muncul setelah video mereka yang menyebut "kuli" dalam konteks kuliner viral dan mendapat cibiran, termasuk dari penyanyi Denny Caknan. 

Video yang menimbulkan kontroversi tersebut menampilkan Trio Rakus dalam percakapan ringan sambil makan, di mana mereka membahas kuliner dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dalam percakapan yang diunggah ulang di akun tiktok milik Denny Caknan, tampak dalam perbincangan tersebut mereka mengatakan.

"Kenapa bakso itu kebanyakan nggak bukan bakso ya tapi kuliner-kuliner itu kebanyakan dari Jawa. Dalam arti Jawa tuh, Jawa Tengah, Jawa Timur.

"Kuliner? kan ada ada kata depannya."

"Apa?"

"Kuli"

Tampak mereka tertawa dan kembali mengatakan "oh iya".

Baca Juga: Keciduk Warga, Maling Rokok Naik Atap dan Pura-pura jadi ODGJ

Dalam tanggapannya, Trio Rakus melalui akun TikTok resmi mereka @triorakus_ pada Senin (19/8), mengunggah video permintaan maaf. Mereka menjelaskan bahwa video permintaan maaf yang mereka unggah sebelumnya hanya menampilkan salah satu anggota mereka yang berusia 14 tahun, yang tidak memahami konteks bercandaan tersebut.

“Kami mohon maaf karena akun Trio Rakus terkena report. Kami menerima kesalahan kami dan menampilkan video permintaan maaf kami lagi. Penjelasan kenapa video permintaan maaf kami tidak bertiga adalah karena yang di tengah itu hanya anak kecil berumur 14 tahun. Dia tidak mengerti bercandaan kami, jadi mohon untuk tidak menghujat anak kecil yang tidak tahu apa-apa. Ini memang pure kesalahan kami. Sekali lagi kami minta maaf yang sebesar-besarnya kepada warga Jawa Timur dan Jawa Tengah dan kami tidak akan mengulanginya kembali,” ungkap Trio Rakus dalam keterangan video tersebut.

Dalam video berdurasi 53 detik, Trio Rakus menjelaskan bahwa mereka tidak bermaksud menghina suku atau pekerjaan apapun. Mereka menyebutkan bahwa bercandaan tersebut tidak disadari telah menyinggung beberapa pihak dan mengakui kesalahan mereka.

“Kami sama sekali tidak bermaksud untuk menghina suku atau pekerjaan apapun. Kami tadinya hanya bercanda saja, tanpa kami sadari bercandaan kami justru membuat beberapa pihak tersinggung. Kami mengakui, ini kesalahan kami,” ungkap Trio Rakus.

Lebih lanjut, Trio Rakus menjelaskan bahwa video tersebut telah dihapus pada hari yang sama setelah diposting. Mereka berkomitmen untuk lebih berhati-hati dalam membuat konten di masa mendatang dan meminta maaf kepada warga Jawa Tengah dan Jawa Timur atas ketidakhati-hatian mereka.

Baca Juga: Selama Ini jadi Buronan, Anggota OPM Rife Kerebea Ditangkap Aparat