Diduga Rem Blong, 17 Kendaraan Alami Kecelakaan Beruntun Di Tol Cipularang

Terjadi kecelakaan beruntun yang terjadi di Tol Cipularang pada 26 Juni 2022 melibatkan 17 kendaraan, diduga penyebabnya adalah bus yang mengalami rem blong.

Diduga Rem Blong, 17 Kendaraan Alami Kecelakaan Beruntun Di Tol Cipularang
17 kendaraan mengalami kecelakan beruntun akibat diduganya rem blong bus di Tol Cipularang. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Kecelakaan beruntun yang terjadi di Tol Cipularang pada Minggu 26 Juni 2022 malam melibatkan 17 kendaraan. Kecelakaan ini juga menyebabkan kemacetan parah di tol Purbaleunyi (Cipularang) KM 92 selama lebih dari lima jam.

Belasan kendaraan yang sebelumnya dikabarkan terlibat kecelakaan beruntun di KM 92 Tol Cipularang arah Cikampek dan Jakarta ini terjadi sekitar pukul 21.00 WIB pada Minggu (26/6).

Hal ini diketahui usai beredarnya sebuah video di media sosial yang memperlihatkan sejumlah kendaraan sudah dalam posisi yang tidak beraturan dengan mobil yang hancur di sebuah ruas jalan tol Cipularang tersebut.

Selain itu, dalam video kecelakaan beruntun tersebut terlihat beberapa orang dengan wajah yang cukup tegang melihat situasi di sekitarnya dan terdengar sirine polisi.

Seorang wanita yang berada di dalam video berusaha menjelaskan situasi kecelakaan beruntun yang terjadi di tol Cipularang, ia menyebutkan bahwa terdapat belasan kendaraan yang terlibat kecelakaan dan penyebabnya adalah bus yang mengalami rem blong.

"Alhamdulillah, aku, bapakku, suamiku dan adikku selamat. Kita berempat habis nengok anak dari Bandung Alhamdulillah selamat. Ini tabrakan beruntun di KM 92 ada 15 mobil. Awalnya bis ini kayaknya remnya blong dan sekarang kayaknya supirnya kabur. Nih kecelakaan di KM 92 arah Bandung menuju Jakarta" ujar wanita yang diduga sebagai korban kecelakaan beruntun.

Baca Juga : Siap-Siap! Mobil Dinas TNI Polri dan CC Besar Bakal Dilarang Beli Pertalite

PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol mengabarkan bahwa penanganan kecelakaan beruntun akibat rem blong yang terjadi di sekitar daerah Plered arah Jakarta baru selesai dievakuasi pada dini hari.

“02.09 WIB #Kecelakaan_Purbaleunyi di Plered KM 92 arah Jakarta SELESAI PENANGANAN petugas” tulis akun resmi twitter Jasa Marga @PTJASAMARGA, Senin dini hari (27/6).

Kepala Induk PJR Tol Cipularang, AKP Denny Catur menyampaikan data sementara terdapat empat orang yang mengalami luka berat dalam kecelakaan beruntun.

“Untuk sementara, baru empat orang yang terdata mengalami luka berat” ujar Denny, "Korban luka semuanya sudah mendapatkan penanganan medis dan dilarikan ke RS Thamrin dan RS Siloam Purwakarta," lanjutnya

Hingga kini, belum diketahui secara pasti jumlah dari korban jiwa dan kerugian dalam insiden rem blong dan kecelakaan beruntun tersebut. Karena Pihak kepolisian dan Petugas PJR Tol Cipularang sampai saat ini masih melakukan pendataan dan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti dari kecelakaan yang terjadi di ruas Tol Cipularang KM 92 arah Jakarta, Purawakarta, Jawa Barat.

Namun terdapat informasi bahwa lalu lintas sementara dialihkan ke Padalarang Timur atau pintu tol Cikamuning untuk penanganan kecelakaan di lokasi.