Cerita Bambang Susantono Dan Donny Rahajoe Saat Diminta Memimpin Proyek IKN Nusantara

Presiden Jokowi resmi melantik Bambang Susantono menjadi Kepala Otorita IKN dan Donny Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN pada hari Kamis (10/3/22).

Cerita Bambang Susantono Dan Donny Rahajoe Saat Diminta Memimpin Proyek IKN Nusantara
Bambang Susantono Dan Donny Rahajoe . Gambar: Tangkapan Layar/ Youtube Sekretariat Presiden

BaperaNews - Presiden Jokowi akhirnya melantik Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara secara resmi pada hari Kamis sore 10 Maret 2022. Bambang Susantono menjadi Kepala Otorita IKN dan Donny Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta dan disiarkan langsung di kanal Youtube Sekretariat Presiden. Usai dilantik, Bambang Susantono dan Donny Rahajoe bercerita tentang awal mula diminta menjadi pemimpin di Nusantara.

Bambang Susantono mengaku sebelumnya sudah ada diskusi panjang bersama Jokowi tentang pembangunan ibu kota Negara baru tersebut, salah satu keinginan Presiden ialah Nusantara bisa menjadi pusat peradaban baru. “Beliau ingin kota ini jadi percontohan tidak hanya di Indonesia tapi juga global city” ujarnya.

“Saya sendiri sekitar dua minggu lalu dan baru kemarin saya menyelesaikan tugas dan tanggung jawab di Asian Development Bank” lanjutnya. Sebelumnya Bambang Susantono memang menjabat sebagai Vise President di sebuah Bank Pembangunan Asia yang markasnya di Manila, Filipina.

Baca Juga: Jokowi Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN Hari Ini!

Sementara itu, Donny Rahajoe mengaku dihubungi oleh Pratikno (Mensesneg) sekitar dua bulan lalu, setelah kunjungan Jokowi ke Green Office Park, BSD City hari Jumat 24 Desember 2022. Seminggu setelahnya Donny Rahajoe yang saat itu menjabat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land dihubungi dan diminta diskusi lebih lanjut tentang pembangunan IKN Nusantara.

“Saya dihubungi Pak pratikno, satu minggu setelah Pak Jokowi datang ke BSD, setelah itu ada diskusi cukup panjang dan dimintai pendapat-pendapat” ucapnya. “Baru hari Rabu kemarin diminta untuk mendampingi Pak Bambang Susantono mensukseskan pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara” jelasnya.

Donny Rahajoe mengaku ingin fokus menggarap proyek besar IKN ini, “Saya sejak dilantik sudah menyiapkan pengunduran diri dari Sinar Mas Land dan perusahaan yang terkait, jadi saya akan fokus menjalankan tugas besar ini” tuturnya.

Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP), Wandy Tuturoong mengungkap pendapatnya, menurutnya kedua tokoh tersebut memiliki riwayat kombinasi profesi yang terbaik dan berpengalaman. “Kalau dilihat dari pengalaman, mereka itu punya kombinasi yang baik dan profesional, Pak Bambang Susantono ahli di bidang transportasi, perhubungan, infrastruktur, juga punya pengalaman di bidang manajemen dan internasional, belum lagi di sisi pemerintahan. Sedangkan Pak Donny Rahajoe juga sukses dalam kinerjanya dalam mengelola kota BSD (Bumi Serpong Damai)” ujarnya hari Kamis 10 Maret 2022 setelah pelantikan kedua tokoh besar tersebut dilakukan.

Baca juga: Kronologi Dokter Sunardi HASI Ditembak Mati Densus 88