Buah Yang Cocok Dan Aman Untuk Penderita Asam Lambung

salah satu solusi untuk penderita asam lambung adalah dengan memperhatikan makanan atau buah yang dikonsumsi. Berikut jenis-jenis buah yang cocok dan aman untuk Anda yang menderita Gerd!

Buah Yang Cocok Dan Aman Untuk Penderita Asam Lambung
Ilustrasi Buah-Buahan. Gambar : Unsplash.com/Dok. Julia Zolotova

BaperaNews - Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup sering terjadi di masyarakat terutama para remaja. Gangguan asam lambung menyelimuti berbagai penyakit pencernaan terkait produksi cairan asam, yang paling umum dan sering terjadi yaitu gastritis dan GERD yang sama sama-sama bisa menimbulkan maag. Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah perhatikan konsumsi makanan atau buah untuk yang menderita gangguan asam lambung. 

Anda pasti merasa tidak nyaman dan kesakitan saat kadar asam lambung itu kambuh. Maklum saja, penderita asam lambung akan mengalami gejala seperti mulut terasa asam, perut kembung, terasa mual setiap saat, dada sakit, dan rasa nyeri pada ulu hati. 

Meskipun asam lambung bisa menyerang siapa saja, Anda bisa meminimalisasi risiko naiknya asam lambung dengan cara menjalankan pola hidup yang sehat, seperti buah yang aman untuk penderita asam lambung, dan makanan berat yang aman untuk penderita asam lambung

Buah apa aja sih yang cocok dan aman untuk penderita asam lambung ?

Untuk mengurangi nyeri saat asam lambung kambuh, penderita asam lambung disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan seperti berikut : 

1. Pisang

Ilustrasi Buah Pisang. Gambar : Unsplash.com/Dok. Eiliv-Sonas Aceron

Buah pisang merupakan buah yang cocok untuk penderita asam lambung dan maag, karena buah pisang memiliki tingkat keasamannya cukup lemah, yakni dengan kadar PH sekitar 4,5 - 5,2. Mengkonsumsi buah pisang dipercaya dapat membantu menetralisir asam lambung dan meringankan gejala maag. 

Buah pisang juga kaya akan kandungan kalium di dalamnya. Selain itu, buah pisang memiliki tekstur yang halus dan gampang lumat sehingga mampu membantu memulihkan fungsi lambung. 

Buah pisang juga termasuk sebagai buah yang baik dan aman untuk penderita asam lambung karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Kandungan serat sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya masalah pencernaan pada penderita asam lambung

2. Apel

Ilustrasi Buah Apel. Gambar : Unsplash.com/Dok. Matheus Cenali

Buah apel termasuk buah yang aman dan cocok untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung tinggi. Karena buah apel kaya akan kandungan serat dan merupakan sumber kalsium, magnesium, serta kalium yang baik.

Seluruh zat gizi yang ada di dalam buah apel ternyata berpotensi untuk membantu meredakan gejala maag yang muncul. Meski demikian, Anda tetap perlu memperhatikan jenis apel yang bagus sebelum memakannya, salah satunya apel merah. 

Baca Juga: Jess No Limit Dan Sisca Kohl Resmi Berpacaran, Unggah Vlog Kencan Hingga Bucin Di Mobile Legends

3. Melon

Ilustrasi Buah Melon. Gambar : Unsplash.com/Dok. Otherness TV

Buah melon merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung, sebab buah melon kaya akan magnesium yang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung. 

Buah melon juga memiliki kadar PH 6.1 yang membuatnya hanya bersifat agak asam. Selain itu, buah melon tidak akan menyebabkan peningkatan kadar asam lambung dan buah melon juga dapat membantu memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh. 

4. Pepaya

Ilustrasi Buah Pepaya. Gambar : Unsplash.com/Dok. Pranjall Kumar

Buah pepaya mengandung vitamin C,A,E,K Folat, Magnesium, Tembaga, Antioksidan, Kalsium, Potasium, Likopen, dan Lutein. Maka dari itu, buah pepaya termasuk buah yang aman dan cocok untuk penderita asam lambung

Kandungan yang ada di dalam buah pepaya mampu menurunkan kadar asam lambung tinggi ketika kambuh. 

5. Semangka

Ilustrasi Buah Semangka. Gambar : Unsplash.com/Dok. Sahand Babali

Buah semangka merupakan buah yang baik dan cocok untuk penderita asam lambung, karena buah semangka mengandung air yang bisa menetralkan asam di perut dan mengurangi gejala asam lambung. 

Selain itu, buah semangka mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan baik untuk dikonsumsi bagi kalian yang ingin diet atau menurunkan berat badan. 

Selain mengkonsumsi buah-buahan di atas, kalian para penderita asam lambung juga perlu menghindari kebiasaan yang dapat menimbulkan kenaikan asam lambung, seperti halnya merokok, minum alkohol, dan tidur setelah makan. 

Jika sudah melakukan berbagai cara untuk memulihkan nyeri asam lambung, jangan menunda untuk segera pergi ke dokter dan konsultasikan dengan dokter. 

Baca Juga: Viral! Ratusan Motor Menumpuk Di Puncak Karena Macet, Ini Kata Polisi