Menggoyangkan Kendaraan Saat Mengisi BBM Bisa Menyebabkan Kebakaran Mobil

Pertamina mengingatkan pada semua pengguna kendaraan untuk tidak menggoyangkan kendaraan ketika mengisi BBM karena dapat memicu kebakaran!

Menggoyangkan Kendaraan Saat Mengisi BBM Bisa Menyebabkan Kebakaran Mobil
Ilustrasi Menggoyangkan Kendaraan Saat Mengisi BBM Bisa Menyebabkan Kebakaran Mobil. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Pertamina yang merupakan perusahaan minyak milik Negara mengingatkan pada semua pengguna kendaraan untuk tidak menggoyangkan kendaraan ketika mengisi BBM, hal ini ialah suatu yang tidak perlu yang bahkan bisa memicu bahaya yakni kebakaran.

Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Jabar, Eko Kristiawan, menjelaskan menggoyangkan kendaraan saat mengisi BBM sama sekali tidak ada manfaatnya, bahan bakar ialah suatu benda cair, bukan benda padat yang perlu cara tertentu untuk bisa masuk ke penampungan, karena bentuknya cair, BBM akan tetap bisa masuk dengan mudah ke penampungan tanpa harus digoyangkan.

menggoyangkan kendaraan ketika isi bensin di SPBU justru bisa berbahaya, kebakaran bisa terjadi karena ujung nozzle besi bertemu dengan ujung tangki, dimana ketika kedua titik beda muatan bertemu akan terjadi gesekan listrik statis yang akhirnya menyebabkan percikan api” tuturnya.

Salah satu SPBU milik Pertamina di Simatupang, Jaksel pun kini mulai mengkampanyekan larangan ini dengan memasang spanduk besar bertuliskan “kebiasaan menggoyang mobil atau motor ketika isi bensin bisa menimbulkan kebakaran”.

Baca Juga: Satu Keluarga Korban Kecelakaan Bus Tol Sumo Dimakamkan Di Satu Lubang

“Nah, kebiasaan tersebut bisa menimbulkan gesekan dan berpotensi memunculkan listrik statis yang bahaya di area pengisian BBM dan bisa memicu kebakaran” lanjutnya. Menurut Eko, kebiasaan menggoyangkan kendaraan ketika mengisi BBM dilakukan masyarakat karena dianggap cara ini bisa membuat bensin masuk dengan sempurna hingga ke celah tangki dan penampungan akan terisi bensin secara full padahal hal ini hanyalah mitos semata.

Sebagaimana dijelaskan oleh Eko bahwa semua BBM ialah benda cair yang otomatis akan masuk jika dituang, begitu pula ketika dituang ke penampungan atau wadah motor dan mobil, akan bisa masuk dengan sendirinya hingga di ujung, hingga penuh jika diisi penuh, tidak perlu harus menggoyangkan kendaraan atau menggerakkan kendaraan.

Sebab itu diharapkan masyarakat mengetahui tentang hal ini, jika terus dilakukan, tentu bisa berakibat hal bahaya yang bukan main-main, yakni bisa muncul kebakaran tersebut.

Selain itu, yang juga penting dilakukan ketika mengisi BBM ialah mematikan mesin kendaraan dan tidak memakai handphone baik itu untuk pemakaian biasa, internet, ataupun untuk melakukan kontak dan komunikasi. Sampaikan berita ini kepada orang terdekat Anda agar semua orang tahu cara mengisi BBM yang baik dan benar demi keamanan bersama.

Baca Juga: Warga Dengar Ledakan Kilang Minyak Pertamina Di Balikpapan Terbakar, 5 Orang Dikabarkan Jadi Korban