Warga Dengar Ledakan Kilang Minyak Pertamina Di Balikpapan Terbakar, 5 Orang Dikabarkan Jadi Korban

Kilang minyak milik Pertamina di Kota Balikpapan Kaltim meledak hebat pada hari Minggu 15 Mei 2022, akibatnya lima orang pekerja yang sedang berada di lokasi harus jadi korban.

Warga Dengar Ledakan Kilang Minyak Pertamina Di Balikpapan Terbakar, 5 Orang Dikabarkan Jadi Korban
Warga Dengar Ledakan Kilang Minyak Pertamina Di Balikpapan Terbakar, 5 Orang Dikabarkan Jadi Korban. Gambar : TRIBUNKALTIM.CO/Dok. DWI ARDIANTO

BaperaNews - Kilang minyak milik Pertamina di Kota Balikpapan Kaltim meledak hebat pada hari Minggu 15 Mei 2022 sekitar jam 10.40 WITA, akibatnya lima orang pekerja yang sedang berada di lokasi harus jadi korban dan dilarikan ke rumah sakit terdekat serta ada satu orang yang meninggal dunia.

Ledakan juga terdengar oleh warga yang bertempat tinggal di sekitar kilang minyak hingga 2 km dari lokasi kejadian. “Iya terdengar ada ledakan tadi” ujar seorang warga sekitar bernama Wati.

Setelah terdengar adanya ledakan keras, sesaat kemudian muncul asap tebal di area Kilang minyak, sejumlah warga merekam kejadian ini, foto dan video peristiwa tersebut pun berdebar dan viral, namun hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari Pertamina.

Konfirmasi diberikan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian wilayah Kaltim, Kombes Yusuf Sutejo, ia membenarkan adanya ledakan tersebut dan pihaknya sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Masih dilakukan penyelidikan dan masih terlalu dini untuk menentukan titik awal api” ujarnya hari Minggu. Yusuf menyebut ada lima orang yang jadi korban dan dirawat di lima rumah sakit yang berbeda. “Sementara ini ada lima korban, di RS Pertamina Balikpapan dua orang, Klinik Panorama tiga orang.” lanjutnya.

Baca Juga : Mobil Menabrak Belasan Pemotor Di Karawang, 7 Orang Tewas

Sedangkan AM Communication Relation CSR Kilang Minyak Balikpapan, Ely Chandra memberi informasi terbaru pada Minggu malam, ia membenarkan ada 5 korban luka dan 1 meninggal dunia. “Dua pekerja kami (BP dan RQ) dari tim pelaksana sudah kembali ke rumah dan alami luka ringan” tuturnya. Sedangkan untuk luka bakar, katanya ada tiga orang yang sedang menjalani perawatan intensif di RS Pertamina Balikpapan, mengalami luka bakar 10-20%.

“Dan tiga korban yang lain (MF, AF, ES) ialah pengawas, sebenarnya tugasnya sudah selesai tapi terjadi flash yang masih kita selidiki sebabnya, satu korban meninggal dunia (JA) ialah tenaga kontraktor warga Sumut” jelasnya.

Ely menjelaskan, saat ini pihaknya sedang fokus untuk perawatan dan pengobatan korban, ia memastikan tidak ada hak pekerja yang tercecer. “Untuk yang masih dirawat di rumah sakit, kondisinya sudah stabil, kami akan lakukan penanganan sebaik mungkin agar yang bersangkutan bisa mendapatkan haknya” tegasnya.

Baca Juga : Video Viral Manusia Berpakaian Serba Putih Resahkan Warga Pringsewu, Lampung, Diamankan Polisi