Viral! Ratusan Motor Menumpuk Di Puncak Karena Macet, Ini Kata Polisi

Viral di media sosial memperlihatkan ratusan motor menumpuk di kawasan Puncak,Bogor karena macet, begini penjelasan dari polisi!

Viral! Ratusan Motor Menumpuk Di Puncak Karena Macet, Ini Kata Polisi
Viral! Ratusan Motor Menumpuk Di Puncak Karena Macet, Ini Kata Polisi. Gambar : ANTARA FOTO/Dok. YULIUS SATRIA WIJAYA

BaperaNews - Usai libur lebaran, di akhir pekan ini kembali muncul tanggal merah atau long weekend yakni hari Senin 16 Mei 2022 yang merupakan hari Raya Waisak, bagi karyawan yang bekerja, sebagian besar punya hari libur cukup panjang yakni Sabtu hingga Senin dan banyak dimanfaatkan untuk berwisata.

Salah satu kawasan yang tetap menjadi primadona ialah Puncak Bogor, akibatnya kemacetan kembali tak terhindarkan sebagaimana musim-musim liburan biasanya, macet terjadi sejak hari Minggu 15 Mei 2022.

Kemacetan jalan menuju kawasan Puncak ini sempat direkam oleh salah satu pengendara dan viral di medsos, salah satu foto yang beredar menampilkan ratusan motor antri dan menumpuk di jalanan, titik pengambilan foto dilakukan di Masjid Attawun dan di wisata gantole (paralayang).

Satlantas Polres Bogor pun membenarkan kondisi tersebut, dijelaskan bahwa kemacetan bukan terjadi karena banyaknya kendaraan sebagaimana yang warganet banyak diperkirakan, namun karena adanya one way menuju Jakarta.

“Jadi tentang adanya penumpukan motor di sekitar Masjid Attawun itu bukan karena volume kendaraan tinggi tapi karena imbas one way ke arah Jakarta” ujar Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor, Ipda Ardian hari Minggu 15 Mei 2022.

Baca Juga : Citilink Buka Suara Soal Pesawat Mendarat Darurat Di Ahmad Yani

“Kemacetannya juga hanya satu jam, untuk antrian yang paling belakang ya, kalau yang paling depan Cuma 15 menit, selanjutnya kendaraan roda dua sudah bisa melaju kembali” imbuhnya.

Ardi pun menjelaskan, sebelum dilakukan one way ke arah Jakarta, memang dilakukan sterilisasi terhadap kendaraan, khususnya roda empat yang menuju ke Puncak, jadi jika lalu lintas padat, arus kendaraan menuju Jakarta dipending dulu di titik-titik tertentu.

Hambatan hingga kemacetan akan terjadi jika banyak pemotor yang lewat ketika proses pengurangan arus dilakukan. “Nah ketika itu kan kendaraan yang datang dari atas kita tahan dulu, dipending, nah imbasnya itu motor jadi melambung di jalur tengah, saking banyaknya motor yang lewat di titik pending, maka ada penumpukan kendaraan roda itu” jelasnya.

Ardi juga menambahkan, memang arus lalu lintas di kawasan Puncak sudah ramai sejak hari Jumat sampai Minggu, kondisi kendaraan luar biasa, namun masih bisa berjalan dengan lancar dan tidak timbul macet yang sampai berjam-jam lamanya.

Baca Juga : Video Viral Manusia Berpakaian Serba Putih Resahkan Warga Pringsewu, Lampung, Diamankan Polisi