Berikut Syarat Beasiswa S2 Kominfo 2024

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka pintu kesempatan bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan S2 dengan Beasiswa 2024. Simak syaratnya di sini!

Berikut Syarat Beasiswa S2 Kominfo 2024
Berikut Syarat Beasiswa S2 Kominfo 2024. Gambar: Instagram/kominfo

BaperaNews - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah membuka kesempatan bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan S2 baik dalam maupun luar negeri dengan menyediakan beasiswa tahun 2024.

Beasiswa S2 Kominfo ini menawarkan beragam pilihan perguruan tinggi ternama di dalam dan luar negeri, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad), Oxford University, Stanford University, dan Harvard University.

Program beasiswa ini mencakup uang saku per bulan dan biaya kuliah yang akan ditanggung oleh Kominfo. Pendaftaran beasiswa ini terbuka untuk masyarakat umum, PNS, TNI, dan Polri.

Beasiswa S2 Kominfo 2024 terdiri dari dua jenis, yaitu Beasiswa Kemitraan dan Beasiswa Aspirasi. Beasiswa Kemitraan memungkinkan pelamar memilih perguruan tinggi yang telah bekerja sama dengan Kementerian Kominfo, sedangkan Beasiswa Aspirasi memungkinkan pelamar memilih perguruan tinggi yang belum memiliki kerja sama dengan Kementerian Kominfo.

Baca Juga: Beasiswa Smart Scholarship YBM BRI Dibuka, Siswa SMA Simak Ini!

Persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa Kominfo 2024 adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Masa kerja minimum 2 tahun
  3. Usia maksimal pada saat pendaftaran: Maksimal 35 tahun (bagi masyarakat umum) dan maksimal 37 tahun (bagi ASN/TNI/POLRI)
  4. Belum memiliki gelar Magister/S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan Magister/S2
  5. Lulusan S1/DIV dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 dari skala 4.00
  6. Menyertakan outline rencana tugas akhir yang sesuai dengan Pengembangan Transformasi Digital Nasional
  7. Motivation Letter yang berisi tujuan dan alasan mengikuti program beasiswa S2 serta rencana pasca-studi/kontribusi
  8. Surat rekomendasi dari pimpinan, dosen, atau tokoh lain yang memiliki kredibilitas di bidangnya dan mengenal pelamar dengan baik
  9. Memenuhi persyaratan Bahasa Inggris dengan sertifikat IELTS 6,5 / TOEFL iBT 80 / TOEFL ITP minimal 550 / Duolingo English Test (DET) minimal 105
  10. Menyusun Rencana Tugas Akhir yang relevan dengan pengembangan transformasi digital nasional (500 - 1000 kata)
  11. Persyaratan lain sesuai ketentuan masing-masing perguruan tinggi yang dipilih.

Proses pendaftaran beasiswa Kominfo 2024 dilakukan secara online melalui laman resmi Kominfo. Pelamar harus memilih jenis beasiswa, perguruan tinggi, dan program studi yang diinginkan, serta melengkapi data pribadi, pekerjaan, dan pendidikan terakhir.

Jika lolos seleksi, pelamar akan menjadi Awardee Beasiswa dan harus melengkapi data sesuai dengan jenis beasiswa yang berhasil didapatkan.

Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN Brantas Abipraya, Ditutup Hingga 21 Maret 2024