Beasiswa 1 Tahun ke Amerika Serikat untuk Lulusan SMA sampai S1, Ini Cara Daftarnya !

Buat kamu yang cari beasiswa keluar negeri, berikut ada beasiswa 1 tahun di Amerika Serikat bagi kamu lulusan SMA dan S1. Simak syarat dan cara daftarnya !

Beasiswa 1 Tahun ke Amerika Serikat untuk Lulusan SMA sampai S1, Ini Cara Daftarnya !
Ilustrasi beasiswa dari Amerika Serikat Gambar : Freepik.com

BaperaNews - Pendaftaran beasiswa fellowship Community College Initiative Program (CCI Program) telah dibuka oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) hingga tanggal 31 Desember 2021 mendatang.

Fellowship CCI Program AMINEF menghadirkan beasiswa pendidikan yang sifatnya non gelar di berbagai kampus di Amerika Serikat. Nantinya, setelah program berakhir, semua peserta diwajibkan untuk bertolak ke negara asal setelah mengikuti program tersebut dan mendapatkan sertifikat. Peserta diharapkan bisa memberikan kontribusi kepada masing – masing negaranya terutama untuk perkembangan ekonomi dan kemajuan negeri.

Fokus yang ingin diberikan pada beasiswa ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dari segi teknis (technical skill), menumbuhkan bakat kepemimpinan dan meningkatkan kemampuan menggunakan bahasa inggris. Program ini juga membuka peluang seluas – luasnya kepada para peserta untuk bisa mendapatkan tempat magang profesional sehingga lebih banyak pengalaman, kegiatan community engagement dan service learning.

Selain itu, program beasiswa kali ini juga mempunyai tujuan untuk menjaring lebih banyak peserta khususnya yang berdomisili di luar Jawa. Yang mana selama ini, masyarakat yang antusias untuk belajar di luar negeri hanya didominasi oleh masyarakat Jawa.

Dilansir dari laman AMINEF, peserta yang berhasil lolos dengan catatan berdomisili Papua dan Papua Barat akan mendapatkan dukungan suntikan dana secara langsung dari PT Freeport Indonesia.

Syarat Bagi Pelamar :

Perlu diketahui bahwasannya untuk beasiswa ini hanya dikhususkan bagi mereka para disabilitas baik fisik maupun mental. Inilah beberapa syarat yang harus dipenuhi :

1.WNI dan domisili Indonesia.

2.Wajib mempunyai prestasi akademik di atas rata – rata.

3.Diutamakan peserta belum pernah melakukan studi di Amerika Serikat.

4.Tidak sedang mendapatkan beasiswa lain saat proses pendaftaran dilakukan.

5.Bersedia untuk berangkat pada bulan Juli 2022 untuk pertukaran akademik ke Amerika Serikat.

6.Minimal lulusan SMA atau sederajat.

7.Lulusan D1,D2,D3 dan S1 juga mempunyai peluang untuk mendaftar, dengan catatan wajib memilih jurusan yang berbeda dengan jurusan pendidikan yang sudah ditempuh sebelumya dan wajib memiliki pengalaman kerja yang relevan.

6.Minimal skor TOEFL atau pun IELTS 480.

7.Mempunyai komitmen yang tinggi untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris.

8.Bidang pekerjaan wajib relevan dengan studi yang hendak dilamar dan maksimal pengalamannya adalah di bawah 5 tahun.

Rincian Bidang Studi :

Untuk bidang yang disediakan antara lain agrikultur, teknik terapan, manajemen bisnis, pendidikan usia dini, teknologi informasi, media, social service, kesehatan, keamanan publik, manajemen pariwisata dan hospitality.

Komponen Beasiswa :

Komponen beasiswa yang didapatkan para pelamar antara lain biaya J-1 visa, biaya pulang pergi, biaya kuliah, tempat tinggal, biaya makan, uang buku, uang incidental, asuransi kecelakaan, asuransi sakit, dan kegiatan pengembangan diri.

Dokumen Pendaftaran :

Kalian harus melengkapi beberapa dokumen pendaftaran seperti form aplikasi, copy ITP TOEFL atau IELTS, salinan ijazah dan transkrip nilai legalisir (bahasa Indonesia dan inggris), copy KTP atau paspor, SK kerja dari perusahaan.

Yuk daftar sekarang juga! Segera apply pendaftaran maksimal 31 Desember 2021.