Basah Kuyup di Pesawat, Buat Penumpang Berasa di Hutan Hujan

Video viral TikTok menunjukkan kondisi kabin pesawat menuju New York City yang dipenuhi embun, membuat penumpang basah kuyup. Baca selengkapnya di sini!

Basah Kuyup di Pesawat, Buat Penumpang Berasa di Hutan Hujan
Basah Kuyup di Pesawat, Buat Penumpang Berasa di Hutan Hujan. Gambar : Kolase Tangkapan Layar Tiktok/@savinnyc

BaperaNews - Para penumpang pesawat mengalami kejadian tak biasa saat melakukan penerbangan menuju New York City. Sebuah video viral di TikTok yang diunggah oleh Savannah Gowarty menunjukkan kondisi kabin pesawat yang penuh dengan embun, membuat penumpang basah kuyup seperti berada di hutan hujan.

Savannah Gowarty, seorang pengguna TikTok, merekam situasi tersebut sambil menunjukkan rambut dan wajahnya yang lepek akibat kebasahan di dalam kabin.

"Apa ini?" ucapnya dalam video tersebut.

"Empat jam penerbangan. Sangat dingin," tambahnya. Video ini diunggah pada Kamis (16/5) dan telah dilihat lebih dari 5,6 juta kali hingga Sabtu (18/5).

Dalam video tersebut, terlihat kabut tebal yang sangat lembap di dalam kabin. Savannah bahkan terpaksa melepaskan kemeja putihnya yang basah kuyup dan menaruhnya di sandaran tangan agar cepat kering. Meski demikian, ia tidak mengungkapkan maskapai apa yang ia tumpangi.

Menurut laporan New York Post, Savannah dalam penerbangan menuju New York City saat kejadian tersebut. Bahkan pilot dari kokpit pun sempat memperingatkan insiden ini.

"Tampaknya akan turun hujan di dalam kabin," ujar pilot dari kokpit.

Kejadian ini menarik perhatian banyak warganet yang turut memberikan komentar di video Savannah. Banyak dari mereka terkejut dan ada yang menganggapnya sebagai pengalaman unik.

"Oooo pengalaman kafe hutan hujan tapi di atas pesawat terbang," canda seorang warganet.

Baca Juga: Fakta-fakta Kecelakaan Pesawat Latih Jatuh di Lapangan Sunburst BSD: Pilot Sempat Meminta Tolong

"Selamat datang di Rainforest Cafe Airlines," tambah yang lain.

Meskipun Savannah terlihat santai menghadapi situasi tersebut, beberapa warganet mengaku merasa resah jika mengalami hal yang sama.

"Saya akan mengalami serangan panik," ujar seorang pengguna TikTok.

"Saya akan menuntut ganti rugi omg," komentar yang lain.

Kondisi kabin yang dipenuhi embun seperti ini bukanlah kejadian pertama kali. Menurut laporan Newsweek, sebuah pesawat EasyJet juga pernah mengalami kondisi serupa pada musim panas lalu.

Para penumpang pesawat EasyJet dari Nice ke Gatwick mengeluhkan kabin yang dipenuhi kabut pekat.

"Di dalam pesawat, terkadang sistem pendingin udara mendinginkan dan mengembunkan udara hangat dari luar, dan itulah yang dapat dilihat oleh para penumpang dalam penerbangan dari Nice ke Gatwick ini," jelas seorang juru bicara maskapai pada saat itu.

Fenomena embun di dalam kabin pesawat ini biasanya disebabkan oleh sistem pendingin udara pesawat yang mengkondensasikan udara hangat dari luar. Saat udara luar yang hangat dan lembab masuk ke dalam kabin dan didinginkan oleh sistem pendingin udara pesawat, uap air di udara tersebut mengembun dan membentuk kabut di dalam kabin.

Baca Juga: Pegawai Bandara Terjatuh dari Pintu Pesawat Gegara Tak Sadar Tangganya Digeser